Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat Cahaya melalui Model Pembelajaran CTL pada Siswa Kelas V SD 9 Tanjungrejo.

Anggraeni, Dyah Luthfi (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat Cahaya melalui Model Pembelajaran CTL pada Siswa Kelas V SD 9 Tanjungrejo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (1404Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (128Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (433Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (420Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (816Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (265Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (161Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (157Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) telah melaju dengan pesatnya. Hal ini erat hubungannya dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi memberikan wahana yang memungkinkan IPA berkembang dengan pesat, perkembangan IPA yang sangat pesat menuntut para pendidik untuk dapat merancang dan melaksanakan pendidikan yang lebih terarah pada penguasaan konsep IPA, yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari dalam masyarakat. Salah satu keharusan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA adalah mampu memberikan teknik penyajian materi atau bahan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Proses pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas V SD 9 Tanjungrejo cenderung menempatkan guru sebagai sumber belajar utama, cara mengajar guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan aktivitas siswa secara langsung sehingga menjadikan mereka kurang memperhatikan penjelasan guru, dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini, merupakan permasalahan yang perlu dicari solusinya. Untuk itu, peneliti tertarik membantu memecahkan permasalahan hasil belajar siswa rendah. Peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA materi sifat cahaya. Model pembelajaran CTL akan membantu siswa lebih cepat memahami materi sifat cahaya. Pengetahuan awal siswa tentang cahaya akan mendorong siswa mengaitkan pengetahuan yang dimiliki dengan materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA materi sifat cahaya dan meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat cahaya pada kelas V SD 9 Tanjungrejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 9 Tanjungrejo dengan subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Penelitian ini meliputi dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap observasi. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata kelas 70 dengan ketuntasan belajar klasikal 73%, sehingga ketuntasan belajar klasikal belum tercapai karena belum mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥ 75% dan masih ada 4 siswa yang belum tuntas. Tindakan peneliti, kondisi siswa, dan situasi pembelajaran masih dalam kualifikasi cukup dan belum berhasil. Oleh karena itu, dilanjutkan ke siklus II dengan perencanaan sesuai dengan kekurangan pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas 83 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% dan semua siswa tuntas, sehingga ketuntasan belajar klasikal mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥ 75%. Tindakan peneliti, kondisi siswa, dan situasi pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu dengan kualifikasi baik dan berhasil. Peneliti menyarankan bagi para guru SD untuk menerapkan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, dalam menerapkan model pembelajaran CTL guru harus terus berupaya agar siswa aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan menerapkan perencanaan yang telah dibuat yang mencakup komponen-komponen CTL.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Sukiman, M.Pd., (ii) Yuni Ratnasari, S. Si, M. Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: Hasil belajar IPA, sifat cahaya, CTL
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 13 Nov 2013 12:34
                    Last Modified: 13 Nov 2013 12:34
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1763

                    Actions (login required)

                    View Item