Wahid, M Sholeh Salahudin (2022) Analisis sentimen terhadap jasa ekspedisi sicepat pada twitter menggunakan metode naïve bayes. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal, Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (381kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Semakin pesatnya perkembangan marketplace di Indonesia membuat jumlah pengguna jasa ekspedisi meningkat. Sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan SiCepat menggunakan berbagai media sosial, salah satunya twitter. Banyak pelanggan mengutarakan opini tentang layanan jasa ekspedisi SiCepat melalui tweet. Analisis sentimen adalah proses memahami dan mengelompokkan opini yang berupa sentimen positif, netral dan negatif. Tujun dari penelitian ini untuk menganalisis opini masyarakat tentang pelayanan jasa ekspedisi SiCepat menggunakan metode Naiv Bayes Classifier (NBC). Penelitian dimulai dengan pengambilan data, preprocessing, labelling, dan klasifikasi. berdasarkan Penelitian yang menggunakan 1389 data, analisis sentimen dilakukan menggunakan metode Naiv Bayes Classifier memperoleh akurasi 70.50%, average precission 0.7417, average recall 0.4854, average F1-score 06464.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Ahmad Jazuli, SKom, M.Kom Dosen Pembimbing : 2.Tutik Khotimah, SKom, M.Kom |
Kata Kunci: | Marketplace, Twitter, SiCepat, Analisis Sentimen, Naiv Bayes Classifier. |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) > Komunikasi informasi teknik Teknologi > Teknologi (umum) Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 20:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 20:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17657 |
Actions (login required)
View Item |