Analisis sentimen terhadap jasa ekspedisi sicepat pada twitter menggunakan metode naïve bayes

Wahid, M Sholeh Salahudin (2022) Analisis sentimen terhadap jasa ekspedisi sicepat pada twitter menggunakan metode naïve bayes. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal, Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Semakin pesatnya perkembangan marketplace di Indonesia membuat jumlah pengguna jasa ekspedisi meningkat. Sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan SiCepat menggunakan berbagai media sosial, salah satunya twitter. Banyak pelanggan mengutarakan opini tentang layanan jasa ekspedisi SiCepat melalui tweet. Analisis sentimen adalah proses memahami dan mengelompokkan opini yang berupa sentimen positif, netral dan negatif. Tujun dari penelitian ini untuk menganalisis opini masyarakat tentang pelayanan jasa ekspedisi SiCepat menggunakan metode Naiv Bayes Classifier (NBC). Penelitian dimulai dengan pengambilan data, preprocessing, labelling, dan klasifikasi. berdasarkan Penelitian yang menggunakan 1389 data, analisis sentimen dilakukan menggunakan metode Naiv Bayes Classifier memperoleh akurasi 70.50%, average precission 0.7417, average recall 0.4854, average F1-score 06464.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Ahmad Jazuli, SKom, M.Kom Dosen Pembimbing : 2.Tutik Khotimah, SKom, M.Kom
Kata Kunci: Marketplace, Twitter, SiCepat, Analisis Sentimen, Naiv Bayes Classifier.
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum) > Komunikasi informasi teknik
Teknologi > Teknologi (umum)
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Dec 2022 20:01
Last Modified: 29 Dec 2022 20:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item View Item