AFLAHAH, ULYA (2021) Analisis gangguan membaca dalam transkip “film taare zameen par. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (578kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (516kB) | Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Aflahah Ulya, 2021. Analisis Gangguan Membaca dalam Transkip Film Taare Zameen Par. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muria Kudus. Pembimbing (1) Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. (2) Imaniar Purbasari S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gangguan mmebaca pada transkip film “Taare Zameen Par”. Penelitian ini membahas tentang disleksia atau gangguan membaca. Membaca adalah anak harus dapat membedakan bentuk huruf, mengucapkan bunyi huruf dan kata dengan benar, menggerakkan mata dengan cepat dari kiri ke kanan sesuai dengan urutan tulisan yang dibaca, menyuarakan tulisan yang sedang dibaca dengan benar, mengenal arti-arti tanda baca, dan mengatur tinggi rendah suara sesuai dengan bunyi, makna kata yang diucapkan, serta tanda baca. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis kualitatif isi (Content Analysis). Peneliti mendeskripsikan permasalahan-permasalahan kesulitan belajar yang muncul dari data, yaitu fenomena pada film Taare Zameen Par. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang dipelajari dan membuat kesimpulan yang dapat diceritakan kepada orang lain. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada anak gangguan membaca dalam transkip film Taare Zameen Par yaitu mulai dari dia tidak bisa membaca huruf yang ditulis gurunya ketika disuruh membaca oleh gurunya Ihsaan mengatakan bahwa huruf-huruf yang ada di buku tersebut seperti menari. Kesulitan menerima pembelajaran Disleksia yang dapat terlihat sangat jelas adalah ketika penderita tidak bisa membedakan huruf-huruf yang serupa seperti yang dijelaskan pada menit (01.03.27) Ishaan sulit membedakan huruf “b” dengan “d”, “u” dengan “n”, “a” dengan “e”. “s” dengan “z”. Kemudia Ishaan juga sulit untuk membedakan angka yang serupa seperti “6” dengan “9”, “4” dengan “F”, “3” dengan “8”. Selain tidak bisa membedakan huruf, disleksia yang dialami Ishaan juga tidak bisa mencampurkan ejaan yang sama, hal ini dapat kita lihat ketika menulis kata yang seharusnya “SIR” menjadi “RIS, kemudian kata yang seharusnya ditulis “TOP” menjadi “POT”. Langkah mengatasi gangguan membaca adalah Guru melibatkan orang tua untuk dapat memperhatikan keadaan anaknya, Guru menggunakan media pasir untuk melatih siswa menulis, Guru menulis dengan menggunakan jari di atas tangan siswa, Guru dapat menggunakan media gambar dan menggunakan cat untuk media tulis, Guru menggunakan media tangga untuk mengajarkan cara berhitung serta penggunaan metode Calisting untuk mempermudah anak dalam belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.Bapak Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd., Dosen Pembimbing 2.Purbasari, S.Pd, M.Pd, |
Kata Kunci: | Disleksia atau gangguan membaca, Film |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 19:23 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 19:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17707 |
Actions (login required)
View Item |