Peran pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku sopan santun anak usia 10-12 tahun desa mlati kidul kecamatan kota kudus

ARYANTI, DWI OCTAVIA (2021) Peran pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku sopan santun anak usia 10-12 tahun desa mlati kidul kecamatan kota kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (962kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Aryanti, Dwi Octavia. 2020.Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Anak Usia 10-12 Tahun di Kelurahan Mlati Kidul Kecamatan Kota Kudus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing (I) Santoso, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku sopan santun anak usia 10-12 tahun yang berada di lingkungan RW 01 dan RW 03 Desa Mlati Kidul Kecamatan Kota Kabupaten Kudus, dengan rumusan masalah bentuk pola asuh orang tua yang diterapkan dalam membentuk perilaku sopan santun anak dan upaya orang tuadalam membentuk perilaku sopan santun anak. Pola asuh merupakan suatu sistem dalam membimbing ataupun mendidik yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya yang dilakukan secara konsisten meliputi kebutuhan fisik (makan, minum, sandang , tempat tinggal dan lain-lain) dan kebutuhan non fisik (seperti perhatian, empati, kasih sayang dan lain-lain). Pola asuh orang tua merupakan gambaran tentang sikap dan perilaku orang tua dan anak dalam berinteraksi. Sedangkan sopan santun merupakan peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari–hari masyarakat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam membentuk perilaku sopan santun anak serta upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam membentuk perilaku sopan santun anak usia 10-12 tahun desa Mlati Kidul, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan juga metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti kepada sepuluh responden yakni orang tua anak diperoleh hasil bahwa anak yang memiliki perilaku sopan santun anak adalah anak yang mendapat bentuk pola pengasuhan demokratis dan otoriter dari orang tuanya. Upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam membentuk perilaku sopan santun anak usia 10-12 tahun yakni dengan memberikan nasehat, memberikan contoh, pembiasaan perilaku sopan santun anak, serta pendidikan agama. Dengan menerapkan bentuk pola asuh yang sesuai dengan karakter anak tersebut diharapkan anak mampu bertindak dan berperilaku sopan santun terhadap orang tua, orang yang lebih tua, tetangga, orang yang lebih muda, teman sebaya, serta sopan santun dengan guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Santoso, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Sopan Santun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 19:32
Last Modified: 02 Jan 2023 19:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17709

Actions (login required)

View Item View Item