Analisis hasil belajar matematika dan kemandirian belajar pada siswa kelas iv di sd klakahkasihan 02

NISWAH, EKA JUMAILATUN (2021) Analisis hasil belajar matematika dan kemandirian belajar pada siswa kelas iv di sd klakahkasihan 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HLM COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian. Pertama, penelitian ini bertujuan menganalisis hasil belajar matematika siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02. Hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar matematika, dan kemandirian belajar siswa sekolah dasar yang dilakukan melalui pembelajaran daring. Penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar matematika dan kemandirian belajar siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02. Hasil belajar berhasil atau tidaknya seseorang dalam belajar disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu berasal dalam diri seseorang yang belajar (factor internal) dan ada pula dari luar dirinya (factor eksternal). Kemudian kemandirian belajarnya siswa dilihat melalui kegiatan siswa selama belajar matematika, kemandirian belajar akan terwujud apabila siswa aktif mengontrol sendiri segala sesuatu yang dikerjakan, mengevaluasi dan selanjutnya nerencanakan dan siswa juga mau aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini akan menggunakan jenis kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif dengan subjek penelitian Siswa Kelas 4. Adapun objek penelitian ini adalah analisa hasil belajar matematika dan kemandirian belajar pada siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, tes dan observasi. Analisis data penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 4 SD Klakahkasihan 02 memiliki keterampilan matematika yaitu memiliki keterampilan pemahaman, penafsiran, penyajian, penalaran dan pemecahan permasalahan. Siswa juga memiliki kemandirian belajar yaitu mencari sumber belajar sendiri, tidak bergantung pada orang lain dan bertanggung jawab. Penelitian ini, sebaiknya siswa perlu untuk mulai mencari sumber pengetahuan sendiri melalui beberapa buku lainnya diluar pemberian dari sekolah atau melalui media internet karena saat ini teknologi telah canggih sehingga mencari bahan pembelajaran mudah. Penelitian ini menyimpulkan, siswa memiliki keterampilan yang baik. Keterampilan siswa tersebut dapat diketahui melalui kemampuannya dalam memahami jenis soal-soal matematika. Dan siswa memiliki kemandirian belajar seperti mampu mencari sumber belajar sendiri, tidak menggantungkan kepada orang lain, tidak meminta bantuan kepada teman ataupun orangtua jika kesusahan mengerjakan soal dan memiliki tanggung jawab. Saran bagi siswa. sebaiknya perlu untuk mulai mencari sumber pengetahuan sendiri melalui beberapa buku lainnya diluar pemberian dari sekolah atau melalui media internet karena saat ini teknologi telah canggih sehingga mencari bahan pembelajaran mudah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Himmatul Ulya, M.Pd. 2. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 20:14
Last Modified: 05 Jan 2023 20:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17719

Actions (login required)

View Item View Item