PENERAPAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA VI PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD 7 CENDONO DAWE KUDUS

ARDIYANTI, HESTINING (2021) PENERAPAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA VI PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD 7 CENDONO DAWE KUDUS. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Ardiyanti, Hestining, 2020. PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS V SD 7 CENDONO KUDUS. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Erik Aitya Ismaya, S.Pd., MA (2) Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) berbantu media Puzzle dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 Panas dan Perpindahannya di Negeriku kelas V SD 7 Cendono . Hasil Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah diberi pengajaran, di mana kemampuan tersebut dapat dilihat dari pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa saat proses pembelajaran. STAD (Student Teams Achievement Division) adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok, yang memiliki lima langkah dalam pembelajarannya mulai dari presentasi kelas, kerja kelompok, kuis, peningkatan nilai individu, penghargaan kelompok. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model STAD (Student Teams Achievement Division) berbantu media Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar siswa kelas V di SD 7 Cendono pada pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia pada pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia, model STAD (Student Teams Achievement Division) berbantu media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD 7 Cendono di dalam pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia dan model STAD (Student Teams Achievement Division) berbantu media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD 7 Cendono di dalam pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 7 Cendono dengan subjek penelitian adalah 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model STAD. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian keterampilan guru siklus I pertemuan I memperoleh persentase 67% dan pertemuan II memperoleh skor 73% dengan perolehan rata-rata siklus I 70% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II pertemuan I memperoleh persentase 80% dan pertemuan II memperoleh skor 90% dengan persentase rata-rata 85% dengan kriteria Sangat baik dan telah mencapai indikator. Aktivitas belajar siswa dalam aspek sikap secara klasikal pada siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 92% berada pada kriteria sangat baik. Sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 98% kriteria sangat baik dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Sedangkan aspek keterampilan siswa secara klasikal pada siklus I mendapatkan presentase rata-rata sebesar 85% berada pada kriteria sangat baik, pada siklus II memperoleh presentase rata-rata sebesar 96% berada pada kriteria sangat baik dan telah memenuhi indikator. Hasil belajar siswa pada siklus I muatan IPS sebesar 77 dengan presentase 83%, pada siklus II meningkat menjadi 88 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91%. Pada siklus I nilai rata-rata muatan Bahasa Indonesia sebesar 76 dengan presentase 83%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88 dengan presentase 87%. Pada penelitian tindakan kelas ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan minimal sebesar 75%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan model STAD berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar ranah pengetahuan dan hasil belajar ranah keterampilan ini sudah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75%. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan remidi yang belum tuntas dan siswa lebih banyak berlatih.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Erik Aditiya Ismaya, MA Dosen Pembimbing 2.Deka Setiawan, M.Pd
Kata Kunci: Hasil belajar, STAD (Student Teams Achievement Division), Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 20:24
Last Modified: 02 Jan 2023 20:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item