KURNIAWATI, RIKA (2021) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sd pada pembelajaran daring ditinjau dari tingkat kemampuan matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (836kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (315kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (42kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika seringkali diabaikan oleh siswa, karena siswa sudah terbiasa mengerjakan soal dengan menggunakan hafalan rumus. Hal ini ditemukan di SD 1 Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran daring yang memiliki tingkat kemampuan matematis rendah, sedang, dan tinggi. Kemampuan pemahaman konsep adalah pengetahuan siswa terhadap konsep dan memahami ide-ide matematika dengan menggunakan strategi penyelesaian masalah yang disajikan.Kemampuan matematis siswa adalah kemampuan individual siswa yang diukur melalui skor berdasarkan hasil tes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD 1 Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan mengambil 6 subjek penelitian dari kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Indikator yang banyak dicapai siswa adalah mendefinisikan konsep secara verbal dan tulisan, sedangkan indikator yang sedikit dicapai oleh siswa adalah mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep. Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kemampuan matematis rendah pada pembelajaran daring sudah mampu mencapai 2 indikator,siswa dengan kemampuan sedang sudah mencapai 4 indikator dan siswa dengan kemampuan tinggi sudah mencapai 6 indikator.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Henry Suryo Bintoro, M.Pd. 2. Himmatul Ulya, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan pemahaman konsep, pembelajaran daring, kemampuan matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 20:48 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 20:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17732 |
Actions (login required)
View Item |