MENGATASI KECEMASAN SOSIAL PASCA PERCERAIAN MELALUI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS

RUSDIYANA, MAULIA (2021) MENGATASI KECEMASAN SOSIAL PASCA PERCERAIAN MELALUI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Rusdiyana, Maulia. 2021. Mengatasi Kecemasan Sosial Pasca Perceraian melalui Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Teknik Desensitisasi Sistematis. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Indah Lestari, M.Pd., Kons. (ii) Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. Tujuan diselenggarakannya penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan sosial pada wanita pasca perceraian. (2) Mendeskrpisikan penerapan pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik desensitisasi sistematis dalam mengurangi kecemasan sosial pada wanita pasca perceraian. Kecemasan sosial merupakan suatu kondisi di mana perasaan diikuti dengan perasaan khawatir, takut, atau tidak tenang saat menghadapi suatu kondisi tertentu di khalayak umum. Hal ini menyebabkan seseorang akan termotivasi untuk melakukan sebuah tidakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkannya. Konseling Cognitive Behavioral Therapy berfokus pada pikiran dan perilaku konseli. Pikiran-pikiran negatif akan menyebabkan konseli mempunyai perasaan dan perilaku negatif, dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan design penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian seorang perempuan berinisial DSP. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan home visit. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuanlitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseli telah mampu menerima kondisi diri dan konsekuensi dari perceraian yang menjadi pilihan hidupnya. Hasil dari proses konseling konseli mulai mengambil sikap. Sikap konseli adalah diam, tetapi juga berani mengambil sikap apabila ada pribadi yang mencoba mendiskreditkan statusnya sebagai janda. Sikap konseli terhadap lingkungan tetap dijalin dengan baik, meski konseli belum mampu merubah stigma buruk masyarakat terhadap janda. Simpulan dari hasil penelitian yaitu: (1) Faktor yang memengaruhi kecemasan sosial pada konseli yaitu paradigma orang sekitar konseli: lingkungan rumah; lingkungan kerja konseli yang masih memandang perempuan dengan status janda sebagai objek yang harus diperhatikan secara berlebihan. (2) Setelah proses konseling, konseli mulai fokus mengejar cita-cita, serta semakin banyak mendekatkan diri kepada Allah dan menjadikan proses perceraian sebagai lahan untuk memaknai diri. Saran: (1) Konseli hendaknya tidak mengacuhkan persepsi orang lain atas status yang tengah disandang. (2) Keluarga hendaknya mendampingi perkembangan psikis konseli pasca perceraian. (3) Penelitian selanjutnya hendaknya menyusun instrumen dan analisis data yang lebih mendalam agar data yang diperoleh menjadi lebih komprehensif. Serta melakukan penggalian data pada pihak lain perlu untuk memperkaya temuan penelitian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing 2.Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Kecemasan Sosial, Cognitive Behavior Therapy, Desensitisasi Sistematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 21:34
Last Modified: 05 Jan 2023 18:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17740

Actions (login required)

View Item View Item