Pengembangan media crossword puzzle berbasis somatic auditory visualization intelectually untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas iv pada tema daerah tempat tinggalku sd n 2 muryolobo

Huda, Budin Nuril (2022) Pengembangan media crossword puzzle berbasis somatic auditory visualization intelectually untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas iv pada tema daerah tempat tinggalku sd n 2 muryolobo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil prasiklus melalui data wawancara dan nilai di kelas IV di SD Muryolobo ditemukan bahwa pelajaran belum optimal. Kurangnya media pembelajaran, model pembelajaran yang kurang variatif, siswa kurang antusias dalam pembelajaran serta kurang memahami istilah-istilah dalam pembelajaran dan kesulitan untuk menuangkan ide kreatif siswa. Sehingga perlu dikembangkan media Crossword Puzzle berbasis SAVI pada pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku. Rumusan masalah adalah bagaimana kelayakan dan keefektifan media crossword puzzle? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media crossword puzzle dalam meningkatkan kreativitas siswa untuk pembelajaran siswa kelas IV SD Muryolobo. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba, revisi produk, ujicoba skala kecil. Kelayakan produk didasarkam dari hasil penilaian ahli media, ahli materi dan siswa yang menjadi subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Crossword Puzle sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi materi diperoleh presentase 93,18% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapatkan presentase 93,3% dengan kriteria sangat layak Tanggapan siswa mendapat rerata presentase 90% dengan kriteria sangat layak dengan melalui uji skala kecil dengan 5 siswa kelas IV. Jadi kesimpulannya media Crossword Puzzle tema Daerah Tempat Tinggalku yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kelas IV SD Muryolobo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Khamdun, M.Pd. Dosen Pembimbing : 2. Fina Fakhriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Crossword Puzzle, SAVI, Kelas IV
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 21:51
Last Modified: 02 Jan 2023 21:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17744

Actions (login required)

View Item View Item