UBAIDILLAH, AHMAD (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL ARCS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (522kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (559kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar Tematik terpadu dengan model ARCS yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti rancangan model Borg and Gall dan diujicobakan di 6 SD kelas VI Kecamatan Kembang kabupaten Jepara semester gasal tahun ajaran 2020/ 2021 dengan model Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design dengan sampel tidak dicari secara random. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan metode Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VI Sekolah Dasar di SD Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk buku ajar model inkuiri terbimbing dengan strategi motivasi ARCS. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kombinasi, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan konversi data kuantitatif ke kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) buku ajar yang dikembangkan valid; 2) Semua rencana pembelajaran terlaksana dengan kategori baik; 3) motivasi peserta didik dengan kategori baik terhadap pembelajaran; 4) hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan skor N-gain berkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan strategi motivasi ARCS yang dikembangkan layak untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SD selama Pembelajaran Jarak Jauh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan buku ajar Tematik terpadu dengan model ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar pada tema 1 materi karakteristik negara-negara ASEAN pada siswa kelas 6 SD.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.Dr. Suad, M.Pd Dosen Pembimbing 2.Dr. Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Buku Ajar, ARCS, Motivasi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 19:52 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 19:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17766 |
Actions (login required)
View Item |