Perancang dan implementasi energy harvesting menggunakan piezo vibraration sensor pada pijakan pejalan kaki

FATWA, FAIZ (2021) Perancang dan implementasi energy harvesting menggunakan piezo vibraration sensor pada pijakan pejalan kaki. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstrak

Energi listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok saat ini. Semakin banyak jumlah penduduk maka semakin banyak pula konsumsi listrik yang dibutuhkan. Dalam rangka mengatasi hal tersebut, dibutuhkan banyak inovasi dalam kelistrikan untuk menyokong kebutuhan akan listrik. Dengan memanfaatkan populasi manusia yang terus bertambah tiap tahunnya maka penilitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah konsumsi kelistrikan yang terus bertambah pula. Alat ini akan mengubah energi kinetik dari pijakan manusia untuk menghasilkan energi listrik. Energi kinetik ini dihasilkan dari pijakan manusia yang dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain bermanfaat sebagai energi listrik sesuai dengan konversi energi. Salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi getaran atau kinetik ini adalah Piezo Vibaration Sensor. Piezo Vibaration Sensor adalah salah satu pemanen energi yang mampu mengubah energi mekanis dari getaran menjadi energi listrik. Piezo Vibaration Sensor menjadi sumber energi yang menarik karena ramah lingkungan dan hanya membutuhkan tekanan untuk menghasilkan listrik. Rancang bangun alat untuk memanen energy mekanik yang dihasilkan dari pijakan kaki ini bertujuan untuk mengkonversi energy mekanik menjadi energy listrik skala mikro yang bisa digunakan untuk menghidupkan peralatan listrik dengan daya watt yang tidak terlalu besar. Alat ini nantinya bekerja dengan memanfaatkan tangga pejalan kaki untuk menghasilkan tekanan mekanik yang dikonversi menjadi energy listrik dengan menggunakan komponen Piezo Vibaration Sensor. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan ini meliputi studi literature, perancangan mekanis, persipan alat, pembuatan alat, dan melakukan simulasi dan pengujian serta pengolahan data. perancangan dan pembuatan, rancang bangun energy harvesting piezo vibraration sensor ini diharapkan mampu membuktikan konsep rancang bangun memanen energi mekanis menjadi energy listrik melalui tangga gedung kampus, pemanfaatan energy pada tangga yang di injak untuk dirubah menjadi energy listrik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Rianto Wibowo ,ST, M. Eng. 2. Ir. Masruki Khabib, MT..
Kata Kunci: energy harvesting, Piezo Vibaration Sensor energy harvesting, Piezo Vibaration Sensor energy harvesting, Piezo Vibaration Sensor
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Jan 2023 20:39
Last Modified: 03 Jan 2023 20:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17769

Actions (login required)

View Item View Item