Pengembangan media vikrama (vidio interaktif keberagaman agama) berbasis kearifan lokal kudus mata pelajaran ppkn untuk meningkatkan penanaman karakter peserta didik kelas iv di sekolah dasar

Nugrahartanti, Tiara (2021) Pengembangan media vikrama (vidio interaktif keberagaman agama) berbasis kearifan lokal kudus mata pelajaran ppkn untuk meningkatkan penanaman karakter peserta didik kelas iv di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media vikrama berbasis kearifan lokal kudus untuk penanaman karakter peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar, (2)Mengembangkan desain media vikrama berbasis kearifan lokal kudus untuk penanaman karakter peserta didik kels IV di Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan kelayakan media vikrama berbasis kearifan lokal kudus untuk penanaman karakter peserta didik kelas IV di Sekolah dasar, (4) Mendeskripsikan keefektifan media vikrama berbasis kearifan lokal kudus dapat menumbuhkan penanaman karakter peserta didik kelas IV di Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (research and development). Tahapan penelitian ini terdapat 10 tahap (Sugiyono, 2016). yang kemudian disimpulkan menjadi 7 langkah tahapan. Pengumpulan Data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui kelayakan media vikrama dan keefektivan media vikrama berbasis kearifan lokal kudus untuk penanaman karakter peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. Sumber data pada penelitian ini adalah guru, peserta didik, dan validator ahli yang memvalidasi hasil pengembangan pruduk. Hasil pengembangan Desain media vikrama berbasis kearifan lokal kudus mengambil materi keberagaman agama dari kabupaten Kudus yaitu ajaran toleransi dari sunan kudus dan tradisi di kota kudus. Hasil uji kelayakan media vikrama pada validasi ahli materi memperoleh total skor 27 dengan kriteria sangat baik, validasi ahli media I memperoleh total skor 50 dengan kriteria sangat baik, dan hasil validasi ahli media II memperoleh total skor 49 dengan kritera sangat baik. Total keseluruhan validasi para ahli memperoleh nilai 91,00 dengan kategori sangat baik dan dapat digunkan tanpa revisi. Perolehan uji keefektifan yang telah dilakukan dengan melalukan perhitungan uji T. Hasil uji T menunjukkan bahwa pretes tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan. Kemudian setelah itu diberikan perlakuan dan dilakukan beberapa perbaikan dalam proses kegiatan pembelajaran, sehingga didapatkan hasil postes yang kurang 0,05 yakni nilai sig mencapai 0,000. Kesimpulan yang didapat adalah terdapat perbedaan rata-rata antara nilai postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, namun tidak terdapat perbedaan rata-rata nilai pretes untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Sehingga media yang dikembangkan dinyatakan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian mengembangkan sebuah media vikrama dapat menumbuhkan nilai-nilai penanaman karakter pada diri peserta didik. Setelah media vikrama yang dikembangkan dapat menumbuhkan nilai-nilai penanaman karakter pada diri peserta didik melalui tingkat motivasi peserta didik mendapat presentase rata-rata 96% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd Dosen Pembimbing 2. Dr. Bapak Murtono, M.Pd
Kata Kunci: pengembangan, media vikrama ppkn, kearifan lokal, penanaman karakter.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Jan 2023 20:39
Last Modified: 03 Jan 2023 20:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17770

Actions (login required)

View Item View Item