PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK HITUNG KOMBINASI (KOHIKO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

MUHKLISIN, ZAENAL (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK HITUNG KOMBINASI (KOHIKO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Zaenal Muhklisin. NIM: 201803133. Tesis. Pengembangan Media Kotak Hitung Kombinasi (KOHIKO) Untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muria Kudus. 2021. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran 2) mengembangkan desain pengembangan media pembelajaran kotak hitung kombinasi (KOHIKO) untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran. 3) mendeskripsikan penerapan media pembelajaran kotak hitung kombinasi (KOHIKO) untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran. 4) menganalisis kelayakan model KOHIKO untuk meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung campuran. 5) menganalisis efektivitas model KOHIKO untuk meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung campuran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). produk yang dikembangkan adalah media KOHIKO (kotak hitung kombinasi). Rancangan penelitian dan pengembangan terdiri dari 10 tahapan: penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan draf produk, Uji coba lapangan awal, Validasi, Merevisi produk, Uji coba lapangan, Revisi produk akhir, Uji pelaksanaan lapangan, Diseminasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan independent sample t-test. Hasil penelitian 1) kebutuhan pengembangan media pembelajaran pada materi operasi hitung campuran dengan karakteristik terbuat dari kayu atau bahan yang ramah lingkungan, mudah operasionalnya, tidak berat lebih dari 1 Kg, dan dapat digunakan dalam bentuk belajar individu maupun kelompok. 2) desain pengembangan dibuat atas kebutuhan dan revisi validasi dosen ahli maupun guru kelas IV. 3) Penerapan media pembelajaran (KOHIKO) pada uji skala kecil tingkat validitas 100% maka media kotak hitung kombinasi KOHIKO tidak perlu direvisi. Kedua uji coba skala besar pencapaian tingkat validitas 100% maka media KOHIKO pada mata pelajaran matematika ini tidak perlu revisi. 4) Kelayakan media pembelajaran kotak hitung kombinasi (KOHIKO) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung campuran siswa kelas IV di sekolah dasar berdasarkan nilai post-test kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. 5) Hasil uji independent sample t-test nilai t-hitung sebesar 17,067 > t-tabel 2,023 maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara kelas yang menggunakan media KOHIKO pada pelajaran matematika dengan kelas yang tidak menggunakan media KOHIKO. Ini artinya media KOHIKO efektif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung campuran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Suad,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Dr. Santoso, M.Pd
Kata Kunci: media kotak hitung kombinasi, hasil belajar matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Jan 2023 20:56
Last Modified: 03 Jan 2023 20:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item