PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR

IDAWATI, TITIK (2021) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan blended learning pada pelajaran IPA siswa kelas V SD di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak (2) Menyusun desain model blended learning untuk meningkatkan HOTS siswa pada materi siklus air pelajaran IPA siswa kelasV SD di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak (3) Menganalisis keefektifan model blended Learning untuk meningkatkan HOTS siswa pada materi siklus air pelajaran IPA siswa V SD di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rejosari 1 dengan jumlah siswa 23, SDN Rejosari 2 dengan jumlah siswa 26, SDN Rejosari 3 dengan jumlah siswa 23 dan SDN Ngegot dengan jumlah siswa 30. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji ahli dan keefektifan melalui penelitian eksperimen. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penggunaan model blended learning dan HOTS masih rendah. Hasil pengembangan diperoleh desain pengembangan model blended learning meliputi tujuh sintaks yaitu (1) Stimulation, (2) Seeking information, (3) Acquisition of information, (4) Identification of problem information, (5) Verification, (6) Syntesizing of knowledge, dan (7) Evaluation. Keefektifan model blended learning ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain score. Pada kelas ekperimen rata-rata peningkatan hasil belajar siswa adalah 0,43 dalam kategori sedang dan Pada kelas kontrol pada kategori rendah dengan rata-rata 0.15. Sedangkan Hasil dari Uji Wilcoxon diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pre-test dan post-test hasil belajar kelas kotrol. Berdasarkan Uji Mann Whitney diketahui bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < nilai probabilitas 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model blended learning dengan kelas kontrol, dimana rata-rata kelompok eksperimen lebih dari rata-rata kelompok kontrol. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended learning berdampak signifikan terhadap HOTS siswa pada pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Murtono, M.Pd, Dosen Pembimbing 2.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd,
Kata Kunci: Blended Learning, Higher Oder Thinking Skills, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Jan 2023 21:14
Last Modified: 03 Jan 2023 21:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17773

Actions (login required)

View Item View Item