Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas IV SD 2 Bacin

Handayani, muslifah (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas IV SD 2 Bacin. Skripsi Sarjana thesis, FKIP.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL DEPAN) - Accepted Version
Download (279kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (41kB)
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB)
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB)
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (89kB)
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (363kB)
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (27kB)
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (26kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Mayoritas siswa di Indonesia dalam pembelajaran matematika sering kali masih mengalami kesukaran menerima dan mempelajari matematika bahkan banyak yang mengeluh bahwa pelajaran matematika membosankan, tidak menarik dan susah untuk dipahami. Kenyataan di lapangan cara guru mengajar terlalu menekankan pada hafalan dan penanaman konsep tanpa memberikan langkah-langkah siswa untuk memahami konsep tersebut, sehingga matematika yang abstrak tidak terjembatani kepada hal yang konkret. Pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD 2 Bacin dari hasil tes ulangan materi penjumlahan pecahan menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman siswa. Hal ini diakibatkan dalam pembelajaran matematika masih belum optimal karena siswa masih belum paham dalam mengerjakan operasi hitung pengurangan pecahan senilai dan tidak senilai sedangkan guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Siswa hanya menghafal konsep tanpa memahaminya yang berdampak pada sulitnya siswa dalam menerapkan konsep dalam penyelesaian soal yang diberikan oleh guru. Selain itu, siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikan guru dan sedikit kesempatan bagi siswa untuk bertanya, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV SD 2 Bacin tahun pelajaran 2012/2013?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model pembelajaran contextual teaching and learning kelas IV SD 2 Bacin tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang menerapkan model Contextual Teaching And Learning (CTL). CTL merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengakibatkan siswa belajar lebih aktif, kreatif dan bermakna. Secara keseluruhan Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan mulai bulan Oktober 2012 sampai Maret 2013 akan tetapi pelaksanaan PTK dilaksanakan selama 12 jam pelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada 3 yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah tes, lembar kegiatan siswa dan lembar observasi. Analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil pembahasan dan analisis penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya, hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I mencapai 77,77% dan siklus II mencapai 94,04% dari 18 siswa. Selain itu, hasil belajar aspek afektif siklus I mencapai 72,22% dan meningkat menjadi 76,85% pada siklus II dengan kategori tinggi, sedangkan hasil belajar siswa aspek psikomotorik mencapai persentase rata-rata sebesar 61,1% pada siklus I dan meningkat menjadi 75% pada siklus II dengan kategori tinggi. Selain itu, aktivitas guru mencapai persentase 86,67% dan pada siklus II mencapai persentase 92,75%. Setelah melaksanakan penelitian, berdasarkan data hasil penelitian maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran matematika materi pengurangan pecahan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Bacin Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Penulis menyarankan bagi guru kelas untuk menerapkan model pembelajaran CTL yang dapat menjadikan siswa menjadi aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, bagi siswa diharapkan lebih aktif dalam pembelajaran sehingga guru tidak menjadi pusat pembelajaran dan bagi kepala sekolah diharapkan dapat memberikan kebebasan kepada guru dalam menerapakan model pembelajaran yang kreatif pada mata pelajaran matematika seperti model pembelajaran CTL dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik serta bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat dijadikan referensi dengan menerapkan model CTL pada materi yang lebih luas dan jenjang kelas yang berbeda.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Masturi pembimbing 2 :henry suryo bintoro
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar dan model pembelajaran contextual teaching and learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 12 Dec 2013 04:15
Last Modified: 12 Dec 2013 04:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item