GAME PANJOL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BERSAHABAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Fardani, Much Arsyad and Pratiwi, Ika Ari and Prasetyo, Zuhdan Kun and Samsuri, Samsuri and Khotimah, Tutik (2021) GAME PANJOL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BERSAHABAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11 (2). pp. 241-249. ISSN 2528-696X

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
Cover JRE.jpg - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
Text (Daftar Isi)
Daftar isi Refleksi Edukatika.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Artikel JRE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Turnitin Refleksi Edukatika.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/index

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan karakter bersahabat pada siswa sekolah dasar setelah belajar menggunakan game Panjol. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Tipe penelitian eksperimen yang digunakan yakni the one group pretest-posttest design. Peneliti memberikan pretest sebelum dilakukan perlakuan dan memberikan posttest setelah dilakukan perlakuan menggunakan game Panjol. Perlakuan diberikan selama tiga pertemuan agar mendapatkan hasil peningkatan karakter bersahabat secara maksimal. Populasi pada penelitian yakni siswa di SD 1 Muhammadiyah Kudus. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa kelas IV sehingga sampel pada penelitian sejumlah 24 anak pada kelas IV SD 1 Muhammadiyah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, non test, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan karakter bersahabat anak setelah dilakukan perlakuan menggunakan game Panjol. Peningkatan karakter bersahabat anak terlihat dari rata-rata nilai pretest sebesar 39 dan mengalami peningkatan pada rata-rata nilai posttest sebesar 68. Sementara nilai N-Gain diperoleh nilai 0,47 dengan kategori sedang.

Item Type: Article
Kata Kunci: game panjol, friendly character, elementary school students
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad arsyad fardhani
Date Deposited: 05 Jan 2023 17:25
Last Modified: 05 Jan 2023 17:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17993

Actions (login required)

View Item View Item