Kusumawati, Arum Erliyana (2021) Efektivitas model pembelajaran make a match berbantu konsep belajar mind mapping ditinjau dari hasil belajar ips kelas iv sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match berbantu Konsep Mind Mapping dan menemukan Evektifitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Indahnya Keberagaman Budaya di Negeriku Pembelajaran merupakan proses belajar untuk mencapai nilai hasil belajar siswa dengan kriteria tertentu. Model pembelajaran Make A Match adalah metode siswa mencari pasangan, metode ini cukup menyenangkan untuk digunakan dalam mengulangi materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya atau materi baru yang sedang diajarkan. Penelitian Eksperimen ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Temulus Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 15 siswa dan SD 3 Temulus Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 13 siswa. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahap. Yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian dan tahap akhir penelitian. Variabel bebas adalah Model Pembelajaran Make A Match berbantu konsep belajar Mind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS SD 1, 2, 3, dan 5 materi Tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keberagaman Budaya di Negeriku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan telah diketahui bahwa pada kelas eksperimen yaitu kelas IV SD 3 dan SD 1 Temulus telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, ditunjukkan bahwa 75% atau lebih siswa telah mencapai KKM. Dan hasil dari uji t pada kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,065 > 1,674 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran make a match berbantu konsep belajar mind mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan IPS tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku siswa kelas IV.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Murtono, M.Pd 2. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Make A Match, Mind Mapping, Pembelajaran IPS, Indahnya Keberagaman Budaya di Negeriku |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 18:27 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 19:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18005 |
Actions (login required)
View Item |