PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL EKONOMI KERAKYATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

HANDHIKA, DONY (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL EKONOMI KERAKYATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktifitas belajar dan hasil belajar siswa, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa Kelas V menggunakan model Project Based Learning dan Problem based learning Materi Kegiatan Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 8 Cendoono Dawe Kudus dengan subjek penelitian 45 siswa. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan kegiatan penelitian untuk mengontrol, memanipulasi, dan mengobservasi subjek penelitian. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desian eksperimen sederhana (Post Test Only Control Grup Desaign). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara untuk memproleh data awal, observasi untuk memperoleh data keterampilan siswa, tes untuk memperoleh data nilai siswa, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkann bahwa hasil kriteria jika t hitung > t tabel, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan nilainya yakni 2,289 > 2,021, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V. Berdasarkan hasil kriteria jika t hitung > t tabel, hal ini dibuktikan dengan hasil nilainya yaitu 3,404 > 2,021, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada penerapan model Project Based Learning dan Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dikarenakan berdasarkan kriteria hal sig. diperoleh lebih dari 0,05. Serta diperkuat oleh hasil perhitungan t hitung dengan t tabel, yang menunujukkan thitung > t tabel (2,591 < 2,024). Tetapi dalam analisis ini peneliti menemukan hasil yang lebih baik atau pengaruh yang positif terhadap penerapan model Project Based Learning dan Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Santoso, M.Pd 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd. M.A
Kata Kunci: Project Based Learning, Ekonomi Kerakyatan, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2023 18:36
Last Modified: 05 Jan 2023 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item View Item