PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA GUGUS TEUKU UMAR

CAHYONO, ADY (2021) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA GUGUS TEUKU UMAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran tesis.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Cahyono, Ady. 2020. Pengaruh Model Think pair share Dan Mind mapping Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Program Pascasarjana.Universitas Muria Kudus. Pembimbing I Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing II Dr. Su’ad., M.Pd.Tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan pengaruh model think pair share pada pembelajaran menulis karangan eksposisi ditinjau dari kemandirian belajar siswa, 2) Menjelaskan pengaruh model mind mapping pada pembelajaran menulis karangan eksposisi ditinjau dari kemandirian belajar siswa, 3) Mengetahui perbedaan pengaruh model think pair share dan mind mapping pada pembelajaran menulis karangan eksposisi ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Pembelajaran Think pair share adalah model pembelajaran yang menciptakan variasi pola diskusi kelas. Selain itu think pair share juga memberikan lebih banyak kesempatan pada siswa untuk berpikir, bekerja sama dan menunjukkan partisipasinya dalam diskusi yang mampu meningkatkan aktivitas belajara siswa. Sedangkan model pembelajaran Mind mapping merupakan ilustrasi grafik konkret yang mengindikasikan bagaimana sebuah konsep tunggal dihubungkan ke konsep-konsep lain pada kategori yang sama. Ia menambahkan pemetaan konsep merupakan inovasi baru yang penting untk membantu anak menghasilkan pembelajaran bermakna dalam kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experiment factorial design. Penelitian ini mengambil populasi kelas lima sekolah dasar di gugus teuku umar kecamatan wonosalam kabupaten Demak dengan jumlah sampel yaitu SD Plus Latansa sebanyak 26 Siswa, SD Kendaldoyong 1 sebanyak 27 Siswa, dan SD Kendaldoyong 2 sebanyak 21 Siswa. Pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum diuji hipotesis dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Jika data ketrampilan siswa sudah valid dan homogen dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis uji hipotesis dipaparkan sebagai berikut: 1) Hipotesis pertama antara kelas Think pair share dan kelas konvensional menunjukkan Nilai Thitung pada keterampilan menulis eksposisi siswa diperoleh sebesar 2,122 dan taraf signifikansi sebesar 0,039 (<0,05) dan Thitung kemandirian belajar siswa diperoleh sebesar 2,068 dan taraf signifikansi sebesar 0,044 (<0,05) dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think pair share pada keterampilan menulis eksposisi siswa dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa, sehingga hipotesis pertama diterima.; 2) Uji hipotesis kedua antara kelas Mind mapping dan kelas konvensional menunjukkan Nilai Thitung keterampilan menulis eksposisi diperoleh sebesar 2,755 dan taraf signifikansi sebesar 0,036 (<0,05) dan nilai Thitung kemandirian belajar siswa diperoleh sebesar 2,256 dan taraf signifikansi sebesar 0,029 (<0,05) menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada kemandirian belajar siswa pada model pembelajaran mind mapping dibandingkan pembelajaran konvensional sehingga hipotesis pertama diterima., dan 3) Uji hipotesis yang ketiga kelas Think pair share dan kelas mind mapping menunjukkan nilai thitung sebesar 2,122 dengan taraf signifikansi sebesar 0,039 (<0,05) pada keterampilan menulis eksposisi dan hasil pengujian kemandirian belajar siswa menggunakan model think pair share dan model mind mapping diperoleh nilai Thitung sebesar 2,127 dengan taraf signifikansi sebesar 0,038 (<0,05) menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemandirian belajar siswa pada model pembelajaran TPS dibandingkan pembelajaran mind mapping Sehingga hipotesis pertama diterima.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Murtono, M.Pd. 2. Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Think pair share, Mind Mapping, Ketrampilan Menulis, Kemandirian Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2023 19:54
Last Modified: 05 Jan 2023 19:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18024

Actions (login required)

View Item View Item