Pengembangan media alat pencernaan manusia berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa v sekolah dasar

UMAM, MUHAMAD IQBAL (2021) Pengembangan media alat pencernaan manusia berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pengembangan Media Alat Pencernaan Manusia Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Tesis Magister Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (II) Dr. Slamet Utomo, M.Pd. Tujuan dilaksanakan riset ini buat ( 1) analisis kebutuhan pengembangan media perlengkapan pencernaan manusia berbasis android buat tingkatkan hasil belajar pada pendidikan IPA kelas 5 Sekolah Dasar;( 2) pengembangan media perlengkapan pencernaan manusia berbasis android buat tingkatkan hasil belajar pada pendidikan IPA kelas 5 Sekolah Dasar;( 3) daya guna pengembangan media perlengkapan pencernaan manusia berbasis android buat tingkatkan hasil belajar pada pendidikan IPA kelas 5 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam riset ini tercantum R&D (Research and Development) yang mengacu pada langkah Borg and Gall. Dalam melakukan riset tata cara yang digunakan dalam riset ini merupakan kombinasi antara pendekatan kuantitatif serta kualitatif. Uji keabsahan informasi memakai uji validasi pakar, uji instrument, uji prasyarat, uji kelayakan dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media alat pencernaan manusia berbasis android sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Media alat pencernaan manusia berbasis android ini memuat pendahuluan, materi, evaluasi, referensi dan profil. Keefektifan media alat pencernaan berbasis android ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain score. Hasil rata-rata persentase uji N-Gain score pada kelas eksperimen 1 adalah 63,20% dan pada kelas eksperimen 2 adalah 63,24%. Sementara itu, pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata N-Gain score sebesar 38,91%. Uji efektifan menggunakan uji t dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil t hitung pada kelas eksperimen 1 dan 2 juga menunjukkan nilai yang lebih besar dari t tabel yaitu untuk kelas eksperimen 1 t hitung diperoleh 29,067 > 2,017 dan kelas eksperimen 2 dengan t hitung 29,654 > 2.026. Hasil perhitungan tersebut terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa pada pre test dan post test. Sehingga penggunaan media alat pencernaan manusia berbasis android berdampak signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini disarankan, bahwa: 1) media alat pencernaan manusia berbasis android yang dikembangkan akan memberikan manfaat yang lebih optimal apabila pada saat penerapan media guru lebih memperhatikan kondisi mengajar para siswa, 2) penggunaan smartphone dalam melaksanakan pembelajaran selayaknya disesuaikan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung sehingga dalam pembelajaran memperoleh hasil yang tercapai dengan baik, dan 3) gaya belajar dan media merupakan modalitas utama siswa dalam menyerap informasi, sehingga guru perlu memperhatikan hal itu pada setiap siswanya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: Media, IPA, Hasil Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2023 20:54
Last Modified: 05 Jan 2023 20:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18034

Actions (login required)

View Item View Item