Pendaftaran Hak Tenun Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Omzet Penjualan Serta Naiknya Harga Jual Menuju Peningkatan Daya Saing Pengrajin Tenun Indonesia Di Pemasaran Global

Indaryani, Mamik (2023) Pendaftaran Hak Tenun Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Omzet Penjualan Serta Naiknya Harga Jual Menuju Peningkatan Daya Saing Pengrajin Tenun Indonesia Di Pemasaran Global. FEB.

[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
PENDAFTARAN HAK TENUN - 16%.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
2019 nov-pendaftaran hak tenun.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah , meningkatkan omzet penjualan dan kenaikan harga jual Pengrajin tenun dengan mendaftarkan Hak Cipta menuju pemasaran global dengan beberapa fokus kegiatan, yaitu : (1) meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan merumuskan manajemen Pengrajin agar mempunyai peningkatan daya saing yang tinggi , (2) meningkatkan pemahaman dan kesadaran Pengrajin untuk mendaftarkan Hak Cipta , agar meningkatkan omzet dan harga penjualan produk , (3) memperluas akses pasar sampai ke pasar global . Metode pendekatan yang dipakai adalah rantai nilai (value chain). Pendekatan ini secara sistematis memperhitungkan keseluruhan tahapan mulai dari proses produksi dan juga analisis dari berbagai keterkaitan dan aliran informasi sepanjang rantai. Strategi pengembangan didasarkan pada : (1) Pemetaan potensi sumber daya manusia dan komoditas unggulan yang dimiliki , untuk kemudian didaftarkan Hak Ciptanya , (2) Mendorong peningkatan peran Perguruan Tinggi , Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat , Dinas dan Instansi Vertikal , perusahaan swasta , Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Milik Negara serta masyarakat untuk membangun ekonomi secara sinergis . Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa masih kurangnya kemampuan sumber daya manusia Pengrajin dalam meningkatkan daya saing yang tinggi , masih banyak Pengrajin yang belum memiliki pemahaman tenang pentingnya pendaftaran hak cipta dan Pengrajin belum mampu secara mandiri mengakses pasar global . Keyword : tenun , Hak Cipta , omzet , harga penjualan , global .

Item Type: Other
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 05 Jan 2023 23:04
Last Modified: 05 Jan 2023 23:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item View Item