Upaya non penal dalam penanggulangan tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintah Desa Mindahan Kidul Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara

Aji Pradigdo, Eko (2022) Upaya non penal dalam penanggulangan tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintah Desa Mindahan Kidul Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL-dikonversi.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi ini yang berjudul “UPAYA NON PENAL DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DESA MINDAHAN KIDUL KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui upaya non penal dalam penanggulangan Tindak Pidana Korupsi di Desa Mindahan Kidul serta kendala-kendala dalam penggunaan Upaya Non Penal pada penanggulangan Tindak Pidana Korupsi di Desa Mindahan Kidul Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer, data sekunder dan data tersier. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang ilmiah. Upaya non penal dalam penanggulangan tindak pidana korupsi di Desa Mindahan Kidul Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara dengan meningkatkan penataan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengedepankan tanggungjawab, taat norma dan penyederhanaan dalam penyusunan kebijakan, melibatkan partisipasi masyarakat dalam Musyawarah Desa (Musdes) dalam pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa, mengoptimalkan peran BPD yang memiliki fungsi untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa dan jajarannya, Inspektorat melakukan pengawasan terhadap perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran dan penyelesaian kerugian Negara. Diatur dalam peraturan daerah Kabupaten Jepara No.9 Tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja Inspektorat Kabupaten Jepara. Kendala dalam upaya non penal pada penanggulangan tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Desa Mindahan kidul Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara yaitu karena rendahnya partisipasi masyarakat dikarenakan kesibukan masing-masing warga, BPD didesa belum optimal dalam melakukan tugas sebagai anggota BPD karena mempunyai pekerjaan lain diantaranya ada yang bertani dan mengurus peternakan, kurang lengkapnya sarana penunjang yang dimiliki Inspektorat Kabupaten Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Iskandar Wibawa, S.H., M.H. 2. Wiwit Ariyani, S.H., M.Hum
Kata Kunci: Upaya Non Penal, Tindak Pidana Korupsi, Pemerintah Desa
Subjects: Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Jan 2023 18:40
Last Modified: 09 Jan 2023 18:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18048

Actions (login required)

View Item View Item