KARTIKA, YENI CATUR (2022) Pengaruh penerapan literatur online terhadap pemahaman konsep ipa siswa kelas v sd 2 pringtulis. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (639kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Literatur online merupakan media yang pembelajaran yang memberi wawasan pengetahuan dan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya, karakter siswa sekolah dasar yaitu tertarik dengan audio visual. Tujuan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pretest dan postest pemahaman konsep IPA dan mengetahui peningkatan nilai pretest dan postest pada pemahaman konsep IPA. Indikator pemahaman konsep sebagai berikut: (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) Mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, (3) Memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, (4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi. (5) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, (6) Menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, dan (7) Literature adalah rangkuman materi yang akan dibahas atau dipakai dalam penelitian ini. Literature yang digunakan dalam penelitian ini melalui media online berupa youtube. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimen dengan quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dan sample penelitian ini yaitu SDN 2 Pringtulis kelas V berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket dan wawancara. Analisis data menggunakan, uji T, regresi sederhana dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi online berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA sebesar 34,9%. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai pretest dan postest kemampuan pemahaman konsep IPA. Hasil ini menunjukkan bawah media literatur online yang diberikan berupa youtube memberi pengaruh positif terhadap keberhasilan belajar siswa kelas V. Siswa dengan antusia dalam mengikuti proses pembelajaran, disamping itu pula siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Hal dikarena siswa menyukai cara penyampaikan berupa animasi. Simpulan dan saran dalam penelitian ini yaitu literatur online memberi pengaruh postif terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA, dan adanya peningkatan nilai pretest dan postest kemampuan pemahaman konsep IPA melalui literatur online. Saran yang diberikan yaitu literatur online bisa diterapkan dalam pembelajaran IPA, literatur online memberi dapat dikaji dalam penelitian selanjutnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing 2.Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | literatur online, pemahaman konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 18:48 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 18:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18052 |
Actions (login required)
View Item |