Analisis nilai karakter dalam tradisi sedekah bumi untuk siswa sd di desa raci kecamatan batangan kabupaten pati

HAMIDA, KHOIRUL (2022) Analisis nilai karakter dalam tradisi sedekah bumi untuk siswa sd di desa raci kecamatan batangan kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter tradisi Sedekah Bumi di Desa Raci Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dan menganalisis implementasi nilai-nilai karakter pada tradisi Sedekah Bumi untuk Siswa SD. Nilai-nilai karakter adalah nilai-nilai yang telah meresap dalam pendidikan karakter siswa sekolah dasar sebagai prakarsa untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Nilai-nilai karakter diwujudkan melalui nilai-nilai budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui tradisi. Salah satu tradisinya yaitu tradisi Sedekah Bumi yang termasuk budaya lokal yang keberadaannya tidak dibatasi oleh wilayah administratif. Hal ini dikarenakan tradisi Sedekah Bumi tidak hanya terjadi dalam satu wilayah Kabupaten Pati, namun juga terjadi di Kabupaten sekitar Kabupaten Pati. Fokus penelitian ini pada tradisi Tradisi Bumi sebagai sarana pendidikan nilai karakter pada siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif narrative yang akan dilaksanakan di Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian kualitatif yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau simpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan Tradisi Sedekah Bumi Desa Raci memiliki nilai-nilai karakter religius, toleransi, disiplin, cinta tanah air, peduli sosial dan tanggung jawab, beberapa di antaranya telah diterapkan di sekolah-sekolah dengan perilaku anak yang suka bedo, amal dan berbagi. Berdasarkan penelitian ini, warga Desa Raci hendaknya menyadari pentingnya pengamalan tradisi bagi kehidupan sosial masyarakat dan menyerap nilai-nilai pribadi, sehingga tradisi tersebut harus dilestarikan. Sementara itu, sebaiknya guru lebih mengenalkan Tradisi Sedekah Bumi sebagai salah satu bentuk budaya desa setempat agar siswa dapat terus tertarik untuk mengenal dan melestarikan tradisi tersebut. Nilai-nilai karakter yang terkandung harus diangkat sebagai pengajaran di sekolah, agar pengenalan tradisi lebih mudah dipahami oleh siswa. Dan untuk penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan pertimbangan untuk pendalaman lebih lanjut penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, M.Pd., Dosen Pembimbing 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd.,
Kata Kunci: Kebudayaan; Tradisi; Sedekah Bumi; Pendidikan Karakter.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Jan 2023 19:07
Last Modified: 09 Jan 2023 19:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item