ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SD NEGERI 2 TEDUNAN

NURCAHYANI, RISA MEGA (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SD NEGERI 2 TEDUNAN. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB  5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Sejak adanya pandemi covid-19 pembelajaran tematik dilaksanakan secara online, dan disusul dengan surat edaran Nomor 420/2601 pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka terbatas. Pada proses pembelajaran tatap muka memiliki permasalahan pada proses pembelajarannya seperti semangat belajar siswa menjadi menurun, tingkat pemahaman siswa mulai menurun dan jam pembelajaran yang tidak normal. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui proses pembelajaran tematik dan untuk mengetahui kendala guru pada saat pembelajaran tematik kelas IV pada pembelajaran tatap muka di SD Negeri 2 Tedunan. Pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Di dalam pembahasan tema tersebut terdapat beberapa mata pelajaran yang dipadukan. Pembelajaran tematik ini dapat membuat siswa menjadi aktif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Tedunan. Informan penelitian yaitu guru kelas IV SD Negeri 2 Tedunan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan daya meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi pembelajaran tatap muka pada kegiatan pembelajaran tematik dilaksanakan dengan 3 tahap, yaitu yang pertama tahap perencanaan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran serta materi yang akan disampaikan. Tahap kedua, yaitu tahap pelaksanaan pembelajaran ada yang belajar secara individu dan ada pula yang belajar secara kelompok. Tahap ketiga adalah evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru mengutamakan penilaian kognitif (pengetahuan) siswa melalui hasil mengerjakan latihan soal, tugas, maupun PR. Adapun kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik adalah kurangnya pemahaman guru dalam membuat perencanaan pembelajaran tematik dan pelaksanaan pembelajaran di kelas siswa masih malas-malasan akibat dampak dari pembelajaran online. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus benar-benar memperhatikan persiapan siswa pada saat pembelajaran, memanfaatkan media pembelajaran kreatif dan interaktif serta guru harus mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.,
Kata Kunci: Pembelajaran, Tematik, Tatap Muka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Jan 2023 19:16
Last Modified: 09 Jan 2023 19:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18062

Actions (login required)

View Item View Item