Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sd di kecamatan gunungwungkal kabupaten pati

Supriyati, - (2022) Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sd di kecamatan gunungwungkal kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, 2) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru, 3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 4) pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, 5) pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 6) pengaruh lingkungan kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan 7) pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto dengan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati yang berjumlah 183 orang dan diperoleh sampel sebanyak 72 orang dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan metode kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda dengan bantuan program SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai thitung sebesar 6,162 lebih besar dari ttabel 1,994 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan besarnya pengaruh 35,2%. Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai thitung sebesar 7,397 lebih besar dari ttabel 1,994 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan besarnya pengaruh 43,9%. Kepemimpinan kepala sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai thitung sebesar 6,839 lebih besar dari ttabel 1,994 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan besarnya pengaruh 40,1%. Motivasi kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai Fhitung sebesar 40,498 lebih besar dari Ftabel 3,13 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan besarnya pengaruh 54,0%. Motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai Fhitung sebesar 30,031 lebih besar dari Ftabel 3,13 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan besarnya pengaruh 46,5%. Lingkungan kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai Fhitung sebesar 41,893 lebih besar dari Ftabel 3,13 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan besarnya pengaruh 54,8%. Motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai Fhitung sebesar 31,268 lebih besar dari Ftabel 2,74 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 dengan besarnya pengaruh 58,0% . Simpulan dari penelitian ini adalah, bahwa:1) Ada kontribusi motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru, 2) Ada kontribusi lingkungan kerja terhadap peningkatan kinerja guru, 3) Ada kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru, dan 4) Ada kontribusi motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap peningkatan kinerja guru. Dari penelitian ini disarankan: 1) Guru hendaknya memotivasi dirinya sendiri untuk meningkatkan kinerja, 2) Kepala sekolah dapat memfasilitasi sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif, 3) Kepala sekolah dapat melaksanakan tugas kepemimpinan dengan baik, dan 4) Guru hendaknya selalu bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., 2. Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: motivasi kerja, lingkungan kerja, kepemimpinan, budaya, kinerja.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Jan 2023 23:24
Last Modified: 09 Jan 2023 23:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item View Item