Pengembangan bahan ajar digital interaktif berbasis permainan kejar sampah untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan anak di tk negeri se- kabupaten rembang

ROMZAH, - (2022) Pengembangan bahan ajar digital interaktif berbasis permainan kejar sampah untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan anak di tk negeri se- kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Permainan Kejar Sampah Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Di TK Negeri Sekabupaten Rembang Tujuan penelitian ini (1) Menganalisis rencana pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Interaktif Permainan Kejar Sampah untuk menumbuhkan nilai peduli lingkungan anak di TK Negeri Se-Kabupaten Rembang, (2) Menganalisis desain pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Interaktif Permainan Kejar Sampah untuk menumbuhkan nilai peduli lingkungan anak TK Negeri Se-kabupaten Rembang, (3) Menganalisis efektifitas pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Interaktif Permainan Kejar Sampah untuk menumbuhkan nilai peduli lingkungan anak di TK Negeri Se-Kabupaten Rembang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode mix- methode dengan jenis varian exploratory. Adapun Jenis penelitian menggunakan penelitian Reseach and Development ( R & D ) yang terdapat 10 langkah; Reasearh and Information Collecting ( Mengumpulkan Informasi), Planning,(perencanaan) Develop Preliminary Form of Product ,Preliminary Field Testing,Main Product Revision, Main Fied Testing, Operational Product Revision Operational Field Testing, Product Revision, Dessimination and Implementation. Sedangkan Populasi penelitian yaitu anak TK Negeri se-kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling. Adapun data yang dipergunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah hasil wawancara/observasi, angket, tes, juga instrument validasi produk. Uji Analisis data yang dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel dengan menggunakan uji-t. Adapun hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat menguangi kerusakan lingkungan akibat dari kebiasaan yang kurang baik yaitu membuang sampah secara sembarangan . Hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat kebiasaan membuang sampah sembarangan yang selama ini masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan dan juga dapat menumbuhkan karakter kepedulian lingkungan pada anak sejak dini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Ka. 2. Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar Digital Interaktif, Peduli Lingkungan, Permainan Kejar Sampah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jan 2023 18:30
Last Modified: 10 Jan 2023 20:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18078

Actions (login required)

View Item View Item