Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) matematika berbasis higher order thinking skills (hots) materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar kelas vi kecamatan montong kabupaten tuban

DARWAN, - (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) matematika berbasis higher order thinking skills (hots) materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar kelas vi kecamatan montong kabupaten tuban. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1. Menganalisis kebutuhan LKPD berbasis HOTS siswa kelas VI pada mata pelajran matematika Bangun Ruang 2. Untuk mengetahui apakah desain LKPD berbasis HOTS dapat membuat siswa untuk berfikir kritis pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika siswa kelas VI 3.Untuk mengetahui apakah LKPD berbasis HOTS praktis dan efektif dapat meninsgkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada meteri bangun ruang mata pelajaran matematika. Penelitian ini mengunakan penelitian Research and Development (R & D) dengan model 4D yang pernah dikembangkan oleh (Tiagharajan Samel : 1794) tahapan model 4D adalah : 1. Pendefinisian (define) 2. Perancangan (Design) 3. Pengembangan (Develop) 4. Penyebarluasan (disseminate). Penelitian ini hanya sampai tahapan tiga yaitu pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang didapatkan dari wawancara, observasi, validasi ahli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kualitas LKPD yang dikembangkan berbasis HOTS sangat dibutuhkan siswa hal ini dapat diamati dari pengisian lembar observasi kebutuhan LKPD siswa mencapai 87,7%(sangat membutuhkan). dari segi desain meliput : (disain sampul, KD dan idikator),tujuan,pembahasan materi,soal-soal) untuk mengetahui uji kepraktisan rata-rata X-gab pada siswa 4,6, pada guru 4,6 (sangat baik) dan uji peningkatan hasil belajar mengunakan rumus N-Gain dari kedua sekolah SDN Talangkembar II dan SDN Tanggulangin II didapatkan skor 0,81 (tinggi). Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan LKPD berbasis HOTS pada matapelajaran Matematika materi bangun ruang ini dapat mendorong siswa untuk berfikir lebih kritis desain sangat praktis sehingga efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VI sehingga layak dan sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajran di Sekolah Dasar kelas VI.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sri Utaminigsih, M.Pd. 2. Dr. Sumaji, M.Pd.
Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), 4D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jan 2023 18:56
Last Modified: 10 Jan 2023 18:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18081

Actions (login required)

View Item View Item