Bauran Promosi Sebagai Alat untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Tenun Troso Jepara

Marka, Mira Meilia (2018) Bauran Promosi Sebagai Alat untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Tenun Troso Jepara. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu dan Call for Papers UNISBANK (SENDI_U) KE 4 Tahun 2018. pp. 751-755. ISSN 978-979-3649-99-3

[thumbnail of Hasil cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil cek Plagiasi)
BAURAN PROMOSI SEBAGAI ALAT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM TENUN TROSO JEPARA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/a...

Abstrak

Persaingan merupakan suatu hal yang penting bagi suatu kesuksesan atau keberhasilan perusahaan. Kinerja pemasaran menjadi ujung tombak dalam menghadapi persaingan tersebut Kinerja pemasaran merupakan faktor yang digunakan untuk mengukur dampak dari strategi yang diterapkan perusahaan. Para pelaku usaha harus menyiapkan strategi dalam menghadapi berbagai tantangan. Strategi UMKM di dalam menghadapi persaingan dapat dilakukan melalui pengembangan kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui bauran promosi yang terdiri dari periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diperoleh melalui informasi yang diberikan pelaku usaha dengan metode indepth interview dan pengamatan lapang secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan promosi yang disampaikan kepada konsumen mudah dipahami, Usaha yang dilakukan produsen untuk menarik calon pembeli adalah dengan memberikan pelayanan sepenuh hati, Sebagian besar para pelaku usaha tenun Troso Jepara jarang memberikan potongan harga, Dukungan dari pemda sangat efektif mengenai publikasi melalui acara festival tenun. Para pelaku usaha tenun Troso Jepara berupaya untuk menambah segmen pasar ke lingkup nasional. Kesuksesan dalam pelaksaaan bauran promosi yang tepat akan berpengaruh dalam mempercepat penyebaran suatu produk atau jasa untuk menjangkau pangsa pasar yang menjadi sasaran perusahaan. Promosi yang tepat dapat menjadi barometer perusahaan dalam membentuk kinerja pemasaran yang optimal.

Item Type: Article
Kata Kunci: periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas, kinerja pemasaran
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mrs Mira Meilia Marka
Date Deposited: 13 Jan 2023 19:21
Last Modified: 13 Jan 2023 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item