Efektivitas model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi sinori terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

MAULIDA, ALMAS CHOIRUNA (2022) Efektivitas model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi sinori terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis adalah siswa yang kurang berlatih menyelesaikan soal-soal non rutin. Sebanyak 62% siswa dalam pengisian angket studi pendahuluan menyatakan bahwa saat pembelajaran guru mengajar dengan monoton, hal tersebut membuat kemampuan dalam memecahkan masalah pada siswa kurang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk menganalisis rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model inquiry berbantuan aplikasi Sinori lebih baik dibanding dengan rata-rata siswa menggunakan model konvensional, 2) untuk menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model inquiry berbantuan aplikasi Sinori mencapai ketuntasan KKM 70, 3) untuk menganalisis proporsi siswa tuntas KKM pada kelas yang diajar dengan model inquiry berbantuan aplikasi Sinori lebih baik dibanding proporsi siswa tuntas KKM kelas yang diajar dengan model konvensional. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperimen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Populasinya dalam penelitian ini adalah semua siswa SMKN 1 Kalinyamatan kelas X semester I tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisin data awal (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata), analisis data akhir (uji t pihak kanan, uji t satu sampel, dan uji proporsi). Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa 1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model inquiry berbantuan aplikasi Sinori lebih baik dibanding dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model konvensional pada materi perbandingan trigonometri, 2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model inquiry berbantuan aplikasi Sinori mencapai ketuntasan KKM 70, dan 3) proporsi siswa tuntas KKM pada kelas yang diajar dengan model inquiry berbantuan aplikasi Sinori lebih baik dibanding proporsi siswa tuntas KKM kelas yang diajar dengan model konvensional. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi sinori efektif dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd., 2. Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Aplikasi Sinori, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Inquiry.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Jan 2023 21:00
Last Modified: 13 Jan 2023 21:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item