LESTARI, TRI PUDJI (2022) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah di MTS Miftahul Huda Tayu (studi kasus di MTS Miftahul Huda Kec. Tayu Kab. Pati). Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL.JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola implementasi supervisi akademik di Madrasah Miftahul Huda Tayu dan kendala yang dihadapi kepala madrasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, sabjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil wakil kepala sekolah dan guru guru yang mengajar di MTs Miftahul Huda Tayu. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisi data dalam penelitian ini antara lain yaitu reduksi data,pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Upaya kepala madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Tayu dalam meningkatkan kedisiplinan guru adalah 1) Pembinaan dan sidak untuk melihat kedisiplinan, 2) memberikan motivasi, 3) memberikan penghargaan. Upaya kepala Madrasah Tsanawiyah Miftahul dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu memberdayakan kompetensi yang dimilki oleh guru, aktif Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengikut sertakan dalam pelatihan seminar, memberikan pembinaan untuk supervisi.2) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme dan kedisiplinan guru. Tahap perencanaan meliputi membentuk tim supervisi, menganalisis kebutuhan monitoring, menyusun jadwal supervisi, menyusun instrumen supervisi, dan mengsosialisasikan instrumen supervisi. Tahap pelaksanaan supervisi akademik meliputi kunjungan kelas, seminar, diskusi kelompok, rapat guru, penilaian diri sendiri, pertemuan individu, observasi kelas, kunjungan kelas.3) Kendala kepala sekolah dalam implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme dan kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Tayu 1) Kurangnya Waktu, 2) Kurangnya ghirah keilmuan guru, 3) Kekhawatiran Karena Kondisi Pandemi, 4) Sumber daya manusia, 5) kurangnya komitmen guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Slamet Utomo, M. Pd. 2. Dr. Su’ad, M.Pd. |
Kata Kunci: | Supervisi Akademik, Disiplin, Profesionalisme Guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 23:51 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 00:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18161 |
Actions (login required)
View Item |