PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD 2 KANDANGMAS DAN SD 5 KANDANGMAS PADA TEMA 6 CITA-CITAKU

Sari, Bella Amanda (2022) PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD 2 KANDANGMAS DAN SD 5 KANDANGMAS PADA TEMA 6 CITA-CITAKU. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (917kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPS adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS. Model pembelajaran Concept Sentence dapat dijadikan alternatif yang akan mendorong siswa aktif dengan belajar secara berkelompok dan lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh model Concept Sentence terhadap aktivitas belajar siswa Kelas IV SDN Kandangmas Pada 6 Tema Cita-Citaku dan mengetahui keefektifan penggunaan model Concept Sentence dikelas IV SD 2 Kandangmas dengan siswa yang menerima pembelajaran ceramah. Aktivitas Belajar segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi (guru dan siswa) dalam rangka mencapai tujuan belajar. Aktivitas yang dimaksudkan disini penekanannya adalah pada siswa, sebab dengan adanya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran terciptalah situasi belajar aktif. Untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan aktif maka diterapkan model pembelajaran yakni Model concept Centence berbantuan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek populasi penelitian terdiri dari 37 siswa. Sampel yang diambil dari populasi yang terdiri dari 20 siswa kelas IV SDN 2 Kandangmas (kelas eksperimen) dan 17 siswa kelas IV SD 5 Kandangmas (Kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa teknik observasi, teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah diuji dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dan uji z (uji tindak lanjut). Hasil penelitian ini adalah: (1) Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang menggunakan model Concept Sentence berbantuan media kartu kata dengan siswa yang menggunakan metode ceramah kelas IV SDN Kandangmas.. (2) Penggunaan model Concept Sentence berbantuan media kartu kata efektif terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Kandangmas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa (1) hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan hasil analisis uji T menunjukkan bahwa nilai T hitung sebesar 9, 828 dan T tabel sebesar 1,98. Hal ini berarti dapat dikatakan bahwa nilai T hitung > T tabel ( 9,828 > 1,98) dan nilai signifikansi adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan aktivitas belajar siswa menggunakan model Concept Sentence berbantuan media kartu kata di SDN Kandangmas. (2 )hasil uji keefektifan aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji tindak lanjut (Uji Z). Dari hasil penghitungan statistik aktivitas siswa kelas eksperimen dan kontrol tersebut didapatkan

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Siti Masfuah, S.P.d, M.Pd., Kons 2. Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Concept Sentence, IPS dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Jan 2023 23:07
Last Modified: 17 Jan 2023 23:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18165

Actions (login required)

View Item View Item