Meningkatkan prestasi belajar ipa dengan menggunakan media spesimen,media gambar, dan kemampuan awal pada siswa sd

khamdun, - (2013) Meningkatkan prestasi belajar ipa dengan menggunakan media spesimen,media gambar, dan kemampuan awal pada siswa sd. Refleksi Edukatika. ISSN 2087-9385

[thumbnail of ARtikel]
Preview
Text (ARtikel)
Refleksi edukatika th 13.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dengan menerapkan media spesimen dan gambar.Secara khusus penelitian ini bertujuan: meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menggunakan media spesimen, gambar dan kemampuan awal pada siswa SD Penelitian ini yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok dalam melaksanakan proses belajar mengajar.Kelompok pertama proses belajar mengajar dibantu dengan menggunakan media spesimen dan kelompok kedua dibantu dengan menggunakan media gambar.Hasil kedua kelompok ini dibandingkan dan dilihat.Keberartian beda hasil belajar siswa ditentukan dengan menggunakan rumus statistik.Desain penelitian menggunakan desain faktorial 2 X 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dengan menggunakan media spesimen,media gambar dan kemampuan awal pada siswa SD dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini didasarkan pada data penelitian diketahui bahwa responden = 26 siswa, skor tertinggi = 33,000, skor terendah = 22,000, mean= 28,265, median= 29,000, modus= 29,000, Standar deviasi = 3,211, kuartil 1= 26,652, yang artinya 75% dari responden memiliki skor > 26,660, kuartil 3= 28,375 yang artinya 25 % dari responden memiliki skor > 29,360.

Item Type: Article
Kata Kunci: Media specimen, media gambar dan peningkatan prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Feb 2023 18:40
Last Modified: 16 Feb 2023 18:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item