Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Sdn I Ngembalrejo Bae Kudus

Khamdun, Khamdun Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Sdn I Ngembalrejo Bae Kudus. Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Peningkatan hasil belajar dst.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
turnitin Peningkatan Hasil Belajar IPA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Dalam pelaksanaan dilapangan khususnya di SD1 Ngembalrejo Bae Kudus dalam mata pelajaran IPA, siswa masih cenderung pasif,enggan dan bosan untuk belajar IPA. Hal ini karena didalam pembelajaran masih banyak berpusat pada guru, kegiatan yang dilaksanakan masih kurang bermakna bagi siswa ,sehingga hasil belajar siswa masih rendah, terbukti dari nilai pre tes mata pelajaran IPA adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa, hanya 9 siswa yang mencapai KKM, jadi masih berada dibawah standar nilai belajar tuntas yaitu 7,0, keadaan ini sangat memperhatinkan kita. Para guru IPA sangat bertanggung jawab untuk meningkatkan prestasi belajar. Salah satu usaha yang dapat meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran IPA yaitu metode inkuiri, barangkali bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengajar beberapa pokok bahasan dalam pelajaran IPA khususnya meteri bentuk energi. Penelitian ini dilakukan dengan cara pembelajaran Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui inkuiri terbimbing pada siswa SDN 1 Ngembalrejo Bae Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang terdidri 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan ,observasi,dan refleksi.Data yang diperoleh peneliti yaitu data aktivitas siswa dengan metode inkuiri terbimbing dan hasil belajar IPA. Hasil penilitian pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan scor rata-rata aktivitas siswa belajar IPA dari katagori cukup baik dengan presentasi 64,20 % pada siklus 1, meningkat menjadi 85,14% katagori baik pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,bahwa metode inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA, energi dan kegunaannya.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 30 Mar 2023 23:16
Last Modified: 30 Mar 2023 23:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18282

Actions (login required)

View Item View Item