ERMAWATI, DIANA and Ardana Riswari, Lovika and Wijayanti, Esti Pendampingan Pembuatan Aplikasi MAT JOYO (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal Solma. ISSN 2614-1531
Preview |
Text (Artikel)
Pendampingan Pembuatan Aplikasi MAT JOYO.pdf - Published Version Download (501kB) | Preview |
Preview |
Text (Hasil Cek Plagiasi)
4. Pendampingan Pembuatan Aplikasi MAT JOYO.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstrak
Background: Permainan edukatif dapat digunakan sebagai penunjang jalannya proses pembelajaran yang menyenangkan dan berdampak bagi siswa. Pendampingan pembuatan game atau aplikasi MAT JOYO dapat memberikan ilmu baru bagi guru dalam mengembangkan dunia pendidikan, dan tentunya hasil akhirnya siswa dapat belajar dengan menyenangkan. Metode: Metode realisasi pemecahan masalah yang dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan game atau aplikasi MAT JOYO (Mathemarics Joyful Education) yang diikuti oleh guru SDN 1 Gemiring Kidul, dan siswa kelas 5 SD. Materi pendampingan dan pelatihan yang diberikan meliputi: 1) Pembuatan materi pemahaman konsep volume balok yang menarik, 2) Pengenalan aplikasi untuk membuat game MAT JOYO, 3) Pembuatan game MAT JOYO dengan memasukkan materi volume balok yang telah dibuat, 4) Pengujian game MAT JOYO kepada siswa kelas 5. Hasil: Pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar menggunakan permainan edukasi, sehingga dapat menarik minat belajar siswa serta tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Kesimpulan: Kegiatan pendampingan ini berhasil meningkatkan kompetensi dan keahlian guru dalam pembuatan game edukasi (aplikasi MAT JOYO) sebagai media dalam pembelajaran pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Game; MAT JOYO; Matematika; Pemahaman Konsep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | Mr Ndaru Realistian |
Date Deposited: | 02 Apr 2023 21:43 |
Last Modified: | 02 Apr 2023 21:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18290 |
Actions (login required)
View Item |