Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Era New Normal di Desa Undaan Lor

DINAR, RI ASA and Ismaya, Erik Aditia and Ardana Riswari, Lovika Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Era New Normal di Desa Undaan Lor. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). ISSN 2614-8854

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
8. Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kualitaif dengan tujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan belajar siwa sekolah dasar pada era new normal di desa Undaan Lor RT 06 RW 02. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data dan veridikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: orang tua yang memiliki pendidikan rendah serta disibukkan oleh pekerjaan kurang maksimal dalam pendampingan belajar siswa di era new normal sehingga mengakibatkan banyak siswa kekurangan pendampingan. Siswa pada orang tua yang berpendidikan tinggi dan mendapatkan pendampingan penuh oleh orang tua lebih beruntung karena tercukupi atas peran pendampingan yang diberikan oleh orang tua. Sehingga berpengaru terhadap proses dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Peran Orang Tua; Pendampingan; Era Normal Baru.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 02 Apr 2023 22:32
Last Modified: 02 Apr 2023 22:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item