Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar

Saputro, Wahyu Adi and Setiawan, Deka and Ardana Riswari, Lovika Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. ISSN 2685-936X

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
9. Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI di SDN Karanganyar Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Karanganyar, dengan subjek guru kelas VI dan 3 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan Uji Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas, Uji Konfirmabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yakni reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar subjek DW, MS, dan AA masih rendah ditandai dengan Perilaku subjek saat proses pembelajaran matematika siswa kurang antusias, merasa bosan dan kurang senang ketika belajar mata pelajaran matematika. Siswa masih sering asyik sendiri, bercanda dan berbicara dengan temannya saat guru menjelaskan materi. Siswa kurang aktif selama kegiatan belajar. Siswa enggan untuk bertanya siswa kurang antusias untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Kata Kunci: Minat Belajar, Matematika.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 02 Apr 2023 22:35
Last Modified: 02 Apr 2023 22:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18294

Actions (login required)

View Item View Item