YUNITA, ARI NANDA and -, Sumarwiyah and Rondli, Wawan Shokib Analisis Kualitas Pembelajaran pada Masa Tatap Muka Terbatas (Tmt) SDN 2 Gunem Rembang 2021-2022. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (7). ISSN 2614-8854
Preview |
Text (Artikel)
III. A. 3. g. 1. Artikel.pdf - Published Version Download (730kB) | Preview |
Preview |
Text (Hasil Cek Plagiasi)
III. A. 3. g. 1. Turnitin.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di SD Negeri 2 Gunem melalui indikator yang dirumuskan serta mendapatkan kesimpulan. Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang dapat mengukur suatu keadaan, proses, dan hasil yang kemudian dapat dilakukan kesimpulan untuk keefektifan dan mutu (Hamdani, 2010: 193). Indikator kualitas pembelajaran dari Depdiknas (Prasetyo, 2013) yaitu antara lain: 1) Perilaku Seorang Pendidik (Guru), 2) Perilaku atau aktivitas siswa, 3) Iklim pembelajaran, 4) Materi pembelajaran, 5) Media pembelajaran, dan 6) Sistem pembelajaran. Penelitian akan dilaksanakan di SD Negeri 2 Gunem dengan fokusnya kualitas pembelajaran pada masa terbatas pada kelas 2 di SD Negeri 2 Gunem. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan naturalistik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan beberapa siswa kelas 2 SD Negeri 2 Gunem. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles dan Huberman yang menurut keduanya tahapan analisis data kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran; Pembelajaran Tatap Muka; Terbatas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | Mr Ndaru Realistian |
Date Deposited: | 02 Apr 2023 22:59 |
Last Modified: | 02 Apr 2023 22:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18297 |
Actions (login required)
View Item |