Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Melalui Aplikasi Google Classroom

ferditama, wisnu and -, Sumarwiyah and Kuryanto, M Syaffruddin Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Melalui Aplikasi Google Classroom. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
2. Wisnu Ferditama artikel asli.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
2. Wisnu Ferditama turnitin.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Peran orang tua dalam proses pembelajaran daring sangatlah dibutuhkan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua pada pembelajaran daring melalui aplikasi google classroom pada masa pandemi. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang telibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV sekolah dasar, orang tua siswa, serta satu orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni dengan cara menjabarkan hasil penelitian yang kemudian didukung oleh hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran daring siswa sekolah dasar cenderung mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi google clasroom serta mengalami kendala dalam memahami fitur-fitur yang telah tersedia di dalamnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan memaksimalkan peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran daring menggunakan google clasroom. Adapun peran orang tua dalam pembelajaran daring, yakni berperan sebagai guru dalam pembelajaran daring di rumah, berperan sebagai fasilitator, sebagai director, dan berperan sebagai motivator dalam pembelajaran daring dari rumah dan mampu membantu anak-anak dalam menyelesaikan kesulitan dalam pembelajaran daring di rumah menggunakan Google Classroom. Kata Kunci: Daring, Google Class room, peran orang tua

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 02:22
Last Modified: 07 Apr 2023 02:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18323

Actions (login required)

View Item View Item