PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA

Andriyani, Auliya Cindy and Ulya, Himmatul and Kuryanto, M Syaffruddin PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL PASARAN TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
12. Andriyani artikel asli.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
12. Andriyani turnitin.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Pendidikan memiliki peranan penting dalam pembangunan dan perkembangan suatu bangsa hingga membudayakan manusia. Proses pemindahan ilmu pengetahuan berlangsung terus menerus yang terjadi secara sistematis dari seseorang kepada orang lain. Transfer ilmu pengetahuan yang terjadi diharapkan dapat merubah sikap, tingkah laku, moral, etika, dan kedewasaan berpikir seseorang. Pembelajran yang menggunakan berbagai macam metode belajar memberikan transfer ilmu pengetahuan yang berlangsung menyenangkan dengan melibatkan antara guru dengan siswa yang terlaksana di dunia pendidikan di sekolah. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, diperoleh bahwa rendahnya kemampuan numerik siswa di tempat penelitian, sehingga peneliti melakukan penelitian menggunakan model role playing dengan menggunakan permainan pasaran tradisional dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh model role playing dengan permainan tradisional pasaran terhadap kemampuan numerik siswa pada perbedaan rata-rata pretest-posttest. Pelaku yang ada di dalam permainan pasar-pasaran adalah anak-anak yang belum begitu terbebani dengan kegiatan yang membutuhkan tenaga maupun pikiran. Penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 01 Gemiring Kidul, Nalumsari, Jepara. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model role playing dengan menggunakan permainan tradisional pasaran, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan numerik siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu t test pada hasil pretest dan posttest dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing dengan menggunakan permainan pasaran tradisional memberikan pengaruh terhadap kemampuan numerik siswa, dengan rata-rata kemampuan numerik siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 52,5 dan sesudah menggunakan model role playing dengan permainan tradisional pasaran sebesar 82,83. Perbedaan hasil rata-rata tersebut memiliki selisih sebesar 30,33 yang menunjukkan berpengaruhcukup signifikan terhadap kemampuan numerik siswa. Kata Kunci : Model Role Playing; Permainan Tradisional Pasaran; Kemampuan Numerik

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:23
Last Modified: 07 Apr 2023 03:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18338

Actions (login required)

View Item View Item