PENERAPAN BLENDED LEARNING DENGAN MOODLE DAN MEDIA WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN JURNALISTIK DARING

Ahsin, Muhammad Noor and Fathurohman, Irfai PENERAPAN BLENDED LEARNING DENGAN MOODLE DAN MEDIA WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN JURNALISTIK DARING. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
1 PENERAPAN BLENDED LEARNING.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
1 PENERAPAN BLENDED LEARNING (hasil turnitin).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstrak

Pembelajaran menulis berita dalam mata kuliah jurnalistik daring di Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus menjadi hal yang sulit bagi mahasiswa. Mahasiswa juga kesulitan dalam mengunggah tulisan di portal berita online. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam pembelajaran jurnalistik daring menerapkan pembelajaran blended learning, yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring dengan e learning Sunan yang memakai aplikasi moodle dan media website portal berita online kudusnet.com. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah jurnalistik daring, semester V sebanyak 19 mahasiswa. Data diperoleh dengan teknik tes, kajian dokumen, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis berita mahasiswa dengan persentase ketuntasan mahasiswa mencapai 52,6 % pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 89,5 %. Kemampuan mahasiswa dalam mengungah tulisan di website juga meningkat. Kata kunci: blended learning, jurnalistik, menulis berita, moodle,

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 17:19
Last Modified: 07 Apr 2023 17:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18347

Actions (login required)

View Item View Item