INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL POE PADA MATA KULIAH JURNALISTIK DI PRODI PBSI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

Roysa, Mila and Ahsin, Muhammad Noor INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL POE PADA MATA KULIAH JURNALISTIK DI PRODI PBSI UNIVERSITAS MURIA KUDUS. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
6 INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL (Artikel jurnal).pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
6 INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL (Hasil turnitin).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Penyempurnaan kualitas pembelajaran sudah selayaknya dilaksanakan pendidik. Dalam hal ini dosen sebagai penggerak proses pembelajaran untuk mengoptimalkan pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman. Wabah covid-19 membawa perubahan pada seluruh lapisan masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan. Hal ini yang melatarbelakangi munculnya inovasi pembelajaran melalui model POE pada mata kuliah Jurnalistik di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muria Kudus. Melalui inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran POE dengan penggunaan aplikasi website online melalui program Jomla memberikan kebermanfaatan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMK, karena pembelajaran jurnalistik lebih tersistem dan lebih tertata, karena dikemas dalam aplikasi. Selain itu, mahasiswa lebih antusias dan termotivasi dari proses memulai mencari berita teraktual sampai mengolah berita dengan mengunggah ke sistem website online melalui aplikasi jomla, menjadikan siswa menjadi lebih kreatif dengan karyanya, sehingga mempengaruhi peningkatan hasil belajar pada mata kuliah jurnalistik. Kata kunci: Pembelajaran digital, POE learning model.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 18:02
Last Modified: 07 Apr 2023 18:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18352

Actions (login required)

View Item View Item