ANALISIS KEBUTUHAN BUKU TEKS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Darmuki, Agus and Hidayati, nur Alfin and Ayuningsih, Amelia ANALISIS KEBUTUHAN BUKU TEKS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
4. ANALISIS KEBUTUHAN BUKU TEKS STRATEGI PEMBELAJARAN (Refleksi Edukatika S3).pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
4. Turnity_Analisis Kebutuhan Buku Teks Strategi Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan buku teks mata kuliah strategi pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fokus analisis kebutuahan ini pada kekurangan, dan keinginan mahasiswa terkait buku teks strategi pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus termasuk dalam desain penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui serangkaian kuesioner dibagikan kepada mahasiswa PBSI IKIP PGRI Bojonegoro untuk menganalisis kebutuhan, kekurangan, dan motivasi belajar strategi pembelajaran untuk keperluan calon guru. Penelitian ini menggunakan serangkaian kuesioner yang mencakup tiga langkah untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa dan dosen. Subjek penelitian mahasiswa tingkat II semester 4 Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro yang berjumlah 32 orang. Analaisis data digunakan analisis kualitatif. Wawancara yang digunakan dalam bentuk wawancara terbuka dilakukan dengan dosen dan mahasiswa. Instrumen observasi juga digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks strategi pembelajaran yang tersedia masih terbatas dan tampilan buku yang tidak sesuai dengan karakteristik mahasiswa sehingga mereka merasa kurang tertarik untuk membaca. Selain itu, mahasiswa juga mengalami kesulitan untuk memahami teks karena bahasa yang digunakan kurang komunikatif dan ada beberapa kosa kata yang sulit dipahami serta buku teks yang tersedia di lapangan belum mengintegrasikan nilai- nilai pendidikan karakter. Simpulan mahasiswa dan dosen membutuhkan buku teks strategi pembelajaran yang berbasis nilai-nilai pendidikan karakter.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 18:57
Last Modified: 07 Apr 2023 18:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item View Item