Metode Contectual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pragmatik

Hidayati, nur Alfin and Darmuki, Agus Metode Contectual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pragmatik. Jurnal Educatio.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
6. Metode Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
6. Metode Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pragmatik.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah pragmatik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kaprodi, dosen, dan mahasiswa yang memprogram mata kuliah pragmatic dengan jumlah mahasiswa 20 orang (3 laki-laki dan 17 perempuan) di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMK. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Dokumen penelitian ini adalah RPP, RPS, daftar nilai. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil belajar mata kuliah pragmatik yang diperoleh mahasiswa, dapat diketahui bahwa rata-rata skor pada tindakan prasiklus adalah 65,1 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 35% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,3 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 60%. Pada siklus II rata-rata skor hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan lagi menjadi 86,35 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85%. Berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode CTL terbukti mampu meningkatkan hasil belajar mata kuliah pragmatik pada mahasiswa PBSI FKIP UMK Tahun Akademik 2021/2022. Kata Kunci: Metode; CTL; Hasil Belajar; Pragmatik.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 19:05
Last Modified: 07 Apr 2023 19:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item View Item