Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19

SABRINA, UNSA and Ardianti, Sekar Dwi and ERMAWATI, DIANA Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
7. 14 AGUSTUS 2021 (KENDALA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID 19).pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
7. SIMILARITY 14 AGUSTUS 2021 (KENDALA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID 19).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua dalam menumbuhkan karakter religius anak selama pandemi covid 19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya karakter religius anak selama pandemi covid 19 di Desa Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian empat orang tua dan empat anak usia sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelelitian ini menggunakan 2 model triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kendala yang dihadapi oleh orang tua antara lain: 1) Kesibukan orang tua yang bekerja, 2) Tidak adanya kesadaran dalam diri anak, 3) Kurangnya pengetahuan orang tua tentang mendidik anak, 4) Tidak adanya kerjasama yang baik dalam menumbuhkan karakter religius antara guru dan orang tua selama pandemi covid 19, dan 5) Pengaruh Lingkungan. Kata Kunci: peran orang tua, karakter religius, pandemi covid 19.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 20:09
Last Modified: 07 Apr 2023 20:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18382

Actions (login required)

View Item View Item