IMPLEMENTASI HAFALAN DENGAN METODE ANGKA DI MA’HAD QUDSIYYAH KUDUS

Yasfin, Moh. Anwar and Munachifdlil 'Ula, Ahmad Nilnal (2022) IMPLEMENTASI HAFALAN DENGAN METODE ANGKA DI MA’HAD QUDSIYYAH KUDUS. -.

[thumbnail of Sertifikat HKI]
Preview
Text (Sertifikat HKI)
sertifikat_EC00202271728.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
IMPLEMENTASI HAFALAN DENGAN METODE ANGKA.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview

Abstrak

Pendidikan adalah nomor wahid, selalu diutamakan, karena pendidikan adalah tumpuan dan harapan untuk pengembangan individu dan generasi bangsa. Pendidikan, dalam arti yang luas adalah proses pembudayaan anak untuk dibentuk sesuai potensi belajar yang dimilikinya dengan tujuan agar menjadi anggota penuh dari masyarakat yang dapat menghayati dan mengamalkan potensinya. Salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dalam pendidikan adalah adanya proses belajar, yang dimaknai sebagai upaya perubahan tingkah laku dengan serangkaian kegiatan seperti membaca, mendengar, mengamati, meniru, dan lain sebagainya. Proses belajar ini juga tak bisa dilepaskan dari proses hafalan. Dalam pandangan psikologi kuno, dulu belajar ditafsir hanya sebagai menghafal. Dua hal mengenai proses belajar dan proses menghafal akan lebih berhasil bila disandingkan dengan adanya bimbingan. Bimbingan ini bertujuan untuk menjaga ritme dan semangat dalam proses belajar, utamanya dalam proses menghafal. Karena inilah, peneliti tertarik untuk meneliti proses bimbingan dan implementasi hafalan di pondok pesantren Qudsiyyah. Apalagi metode yang digunakan juga cukup unik, yakni metode hafalan sistem angka. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perencaan dan implementasi hafalan sistem angka di Ma;had Qudsiyyah Kudus. Penelitian ini merupakan 11 penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Perencanaan hafalan metode angka di Ma'had Qudsiyyah Kudus sudah cukup matang dan teliti. Diawali studi banding ke Hanifida Jombang kemudian mengaplikasikan sesuai kondisi dan kebutuhan di Ma'had Qudsiyyah. Para tim mudarris kemudian menentukan program hafalan yakni matan Taqrib dan Nadham Alfiyyah Ibn Malik serta menyiapkan modul yang berisi materi program pilihan tersebut, (2) Pelaksanaan hafalan metode angka di Ma'had Qudsiyyah sangat simpel dan menarik. Simpel karena menggunakan rumus-rumus angka yang telah dihafal, menarik karena menggunakan cara yang menyenangkan yaitu, proses materi melalui cerita, menggunakan metode berkelompok, dan berusaha menggunakan metode yang disenangi dengan menggunakan nada dan nyanyian, dan (3) Dari hasil observasi menemukan adanya kendala proses hafalan yang dihadapi diantaranya penguasaan metode hafalan sistem angka guru tidak merata, problem sarana, kurangnya evaluasi terhadap program hafalan ini, dan santri kurang fokus pada hafalan karena terlalu banyak materi dan mapel lain yang juga menjadi kewajiban santri. (4) Hafalan santri berkorelasi baik dengan peningkatan pemahaman kitab kuning. Mereka memiliki keunggulan dalil Nahwiyyah bagi kelompok penghafal Alfiyyah dan memiliki keunggulan kemudahan dalam membaca kitab kuning taqrib bagi kelompok penghafal taqrib.

Item Type: Article
Dosen Pembimbing: Hafalan, Metode Sistem Angka, Ma’had Qudsiyyah Kudus.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Apr 2023 18:29
Last Modified: 10 Apr 2023 18:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18431

Actions (login required)

View Item View Item