Pengembangan dan Keefektifan Model Buku Teks Mata Kuliah Strategi Pembalajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual

Darmuki, Agus and Hidayati, nur Alfin and Tanghal, Analiza B. and Esteban Jr., Alfredo M. Pengembangan dan Keefektifan Model Buku Teks Mata Kuliah Strategi Pembalajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Artikel_Pengembangan dan Keefektifan.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Turnity_Pengembangan dan Keefektifan.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstrak

Kebutuhan pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran di kelas umumnya mengarah pada kebutuhan akan buku teks yang mengakomodasi materi yang dihubungkan dengan dunia nyata yang kontekstual. Kebutuhan tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan buku teks yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. Mata kuliah strategi pembelajaran merupakan mata kuliah penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa keguruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku teks Strategi Pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengmbangan atau R & D. Data dalam penelitian ini berupa proses pembelajaran di kelas mata kuliah strategi pembelajaran dan sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang memprogram mata kuliah strategi pembelajaran yang terdiri dari 6 kelas, 3 dosen pengampu mata kuliah strategi pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro. Pada tahap eksplorasi, pendekatan deskriptif-kualitatif diadopsi untuk penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan documenter untuk mengetahui kondisi buku teks yang digunakan selama ini, pengamatan untuk mengetahui proses pembelajaran di kelas, kuesioner untuk mengetahui respon mahasiswa dan dosen dan dianalisis melalui model kontekstual.. Model ini diuji secara eksperimental. Pada tahap ini diperoleh beberapa temuan utama: (1) kegiatan pembelajaran selama ini berpusat pada dosen dan teoritis serta dosen dan mahasiswa membutuhkan buku teks Strategi Pembelajaran yang kontekstual; (2) Buku teks dikembangkan dan di FGD untuk menyempurnakan serta di expert Judgment oleh 2 ahli isi dan desain serta ahli media. Prototipe tersebut kemudian diujicobakan secara terbatas dan ekstensif. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa model buku teks berbasis pendekatan kontekstual sesuai untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Strategi Pembelajaran; (3) Prototipe model buku teks berbasis pendekatan kontekstual yang telah diterapkan dijadikan sebagai model buku teks, kemudian diujicobakan melalui eksperimen. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan simpangan baku diperoleh t-hitung hasil posttest yaitu sebesar 2.339, dan karena t-hitung sebesar 2.0086, artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan signifikansi 0.030 < 0.05 maka disimpulkan bahwa penggunaan buku teks Strategi Pembelajaran berbasis Pendekatan Kontekstual dapat memberikan pengalaman belajar mahasiswa dengan kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari sehingga proses pembelajaran lebih aktif dan efektif. Kata Kunci Buku Teks, Model, Pendekatan Kontekstual, Strategi Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Tata Bahasa
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 14 Apr 2023 17:33
Last Modified: 14 Apr 2023 17:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18452

Actions (login required)

View Item View Item