Penelitian Tindakan Kelas dan Relevansinya terhadap Profesionalisme Guru

Kurniati, Diah (2013) Penelitian Tindakan Kelas dan Relevansinya terhadap Profesionalisme Guru. "Peranan Guru Frofesional dan Berk arakter dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Era GIobal". pp. 65-72. ISSN 97 8-602-18835-8-7

[thumbnail of COVER]
Preview
Image (COVER)
Cover_Teflin_page-0001.jpg - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN DEPAN]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Datar isi teflin.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ARTICLE]
Preview
Text (ARTICLE)
Article_ Peer Assesssment _ Teflin 2011.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of HASIL TURNITIN]
Preview
Text (HASIL TURNITIN)
Turnitin_Peer Assessment_Teflin_2011.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban merencanakan proses pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan maksimal salah satunya seorang guru harus memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran terkait mata pelajaran yang diampu sekaligus mampu menerapkan berbagai pendekatan, metode, teknik, dan strategi pembelajaran secara kreatif. Dengan demikian proses pembelajaran akan berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun demikian, kenyataannya dalam proses belajar mengajar di kelas, sering muncul berbagai permasalahan yang harus dihadapi seorang guru yang mungkin dapat mengakibatkan terganggunya proses belajar mengajar sehingga hasil yang diharapkan tidak maksimal. Guru profesional, tentunya akan berusaha melakukan refleksi untuk mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut. Salah satu cara untuk mencari solusi atas permasalahan yang muncul dalam proses belajar mengajar adalah dengan melakukan penelitian, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (selanjutnya disingkat PTK). Berkaitan dengan hal tersebut, melakukan PTK merupakan suatu hal yang harus dikuasai oleh seorang guru profesional. Makalah ini membahas bagaimana penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan profesionalisme guru.

Item Type: Article
Kata Kunci: Guru Profesional, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Apr 2023 19:16
Last Modified: 14 Apr 2023 19:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18463

Actions (login required)

View Item View Item