Sulastri, - (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
PDF (Halaman Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version Download (63kB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (23kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Pengalaman Peneliti sebagai guru selama 20 tahun menyadari betul bahwa proses pembelajaran tidak bisa stagnan, harus ada perubahan dan pembenahan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. Oleh karena itu, penulis sebagai guru melakukan penelitian mengenai pengembangan modul yang diterapkan pada mata pelajaran elektronika digital di SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana dengan tujuan: 1. Mengetahui hasil pembelajaran siswa setelah mengimplementasikan modul belajar hasil pengembangan. 2. Merancang dan menyusun modul pembelajaran elektronika digital yang dapat membantu siswa dalam menguasai elektronika digital. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisa data menggunakan Uji T (Independent t- tes). Metode yang digunakan yaitu dengan membentuk dua kelas; kelas eksperimen yang menggunakan modul pengembangan, dan kelas kontrol dengan menggunakan modul lama. Terdapat soal 10 yang dibagi menjadi 5 kategori kompetensi yakni bilangan sandi, gerbang logika, gerbang universal, flip-flop, dan register. Nilai rata-rata keseluruhan yang didapat dari kelas eksperimen adalah 7,14 sedangkan rata-rata kelas kontrol meraih nilai 6,86. Sedangkan hasil pengujian independen t – test, harga t pada Equal Varians assumed yakni 1,023 dengan tingkat signifikansi 0,309. Dengan demikian probabilitas 0,309 > 0,050. Dari hasil penghitungan di atas dapat dilihat bahwa harga t hitung sebesar 1,023. Sedang t table (0,05 df 82) = 1,663. Dengan demikian t hitung sebesar 1,023 < t table 0,05 = 1,663. Kenyataan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan modul pengembangan dan modul lama tidak berbeda secara signifikan namun siswa yang diajar menggunakan modul pengembangan mendapatkan nilai yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I : MOH. DAHLAN, S.T, M.T Pembimbing II : BUDI GUNAWAN, S.T, M.T |
Kata Kunci: | Elektronika, modul, uji t |
Subjects: | Teknologi > Teknik elektro, Teknik Nukllir > Elektronika |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | asih winarti |
Date Deposited: | 13 Jan 2014 06:07 |
Last Modified: | 13 Jan 2014 06:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1848 |
Actions (login required)
View Item |