PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL

Sulastri, - (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (63kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (38kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (122kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (24kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (23kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pengalaman Peneliti sebagai guru selama 20 tahun menyadari betul bahwa proses pembelajaran tidak bisa stagnan, harus ada perubahan dan pembenahan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. Oleh karena itu, penulis sebagai guru melakukan penelitian mengenai pengembangan modul yang diterapkan pada mata pelajaran elektronika digital di SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana dengan tujuan: 1. Mengetahui hasil pembelajaran siswa setelah mengimplementasikan modul belajar hasil pengembangan. 2. Merancang dan menyusun modul pembelajaran elektronika digital yang dapat membantu siswa dalam menguasai elektronika digital. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisa data menggunakan Uji T (Independent t- tes). Metode yang digunakan yaitu dengan membentuk dua kelas; kelas eksperimen yang menggunakan modul pengembangan, dan kelas kontrol dengan menggunakan modul lama. Terdapat soal 10 yang dibagi menjadi 5 kategori kompetensi yakni bilangan sandi, gerbang logika, gerbang universal, flip-flop, dan register. Nilai rata-rata keseluruhan yang didapat dari kelas eksperimen adalah 7,14 sedangkan rata-rata kelas kontrol meraih nilai 6,86. Sedangkan hasil pengujian independen t – test, harga t pada Equal Varians assumed yakni 1,023 dengan tingkat signifikansi 0,309. Dengan demikian probabilitas 0,309 > 0,050. Dari hasil penghitungan di atas dapat dilihat bahwa harga t hitung sebesar 1,023. Sedang t table (0,05 df 82) = 1,663. Dengan demikian t hitung sebesar 1,023 < t table 0,05 = 1,663. Kenyataan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan modul pengembangan dan modul lama tidak berbeda secara signifikan namun siswa yang diajar menggunakan modul pengembangan mendapatkan nilai yang lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : MOH. DAHLAN, S.T, M.T Pembimbing II : BUDI GUNAWAN, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Elektronika, modul, uji t
Subjects: Teknologi > Teknik elektro, Teknik Nukllir > Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 13 Jan 2014 06:07
Last Modified: 13 Jan 2014 06:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item