Pengembangan media trasedu (tiga dimensi materi indera pendengaran manusia dengan augmented reality assemblr edu)

Hikmah, Shofaul (2023) Pengembangan media trasedu (tiga dimensi materi indera pendengaran manusia dengan augmented reality assemblr edu). Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pemahaman siswa terhadap materi indera pendengaran manusia. Berdasarkan wawancara kepada pendidik hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik berupa media poster gambar sehingga menyebabkan hasil penilaian harian masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan, 2) menganalisis kelayakan dan 3) menguji efektivitas media Trasedu siswa kelas IV MI di KKG MI Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang bertujuan untuk mengembangkan desain media Trasedu untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI. Analisis data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis bagaimana tanggapan guru dan siswa dalam pemanfaatan media Trasedu. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul dari angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) berdasarkan hasil observasi dan angket diperoleh data bahwa tingkat kebutuhan media Trasedu cukup tinggi 2) kelayakan pengembangan media ini telah diuji dengan hasil akumulasi skor oleh 3 validator materi yakni 53,51 dan 52 dari skor maksimal 60. Diperoleh rata-rata 87% dari validator ahli materi. Akumulasi dari validator ahli media yakni 67,70 dan 71 dari skor maksimal 80 diperoleh rata-rata presentase 85,2%. Akumulasi dari ahli pengguna yakni 16,15 dan 17 dari skor maksimal 20 diperoleh rata-rata persentase sebesar 81,64%. Sehingga ketiganya termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Kelayakan juga didukung dari hasil angket respon siswa dan guru yang menunjukkan persentase rata-rata 82,55% dan 86,57% dengan kriteria “Sangat Baik” dan 3) berdasarkan hasil Uji t yakni didapatkan bahwa t hitung > t tabel, yakni 17,647 > 1,669, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga media Trasedu efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI di KKG MI Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa, 1)media Trasedu dibutuhkan siswa, 2) media Trasedu layak digunakan dalam pembelajaran dan 3)media Trasedu efektif meningkatkan pemahaman siswa. Dari penelitian ini disarankan, 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis AR Assembr Edu sesuai dengan materi pelajaran dan kurikulum yang berlaku, 2) memanfaatkan media berbasis AR Assembr Edu sebagai salah satu alternatif sumber pembelajaran dan 3) memanfaatkan media berbasis AR Assembr Edu untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Khamdun, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Augmented Reality, indra pendengaran manusia, media Trasedu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2023 21:01
Last Modified: 10 Jul 2023 21:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item View Item